alexametrics

Pengunjung Perpus Wajib Kantongi Tiket

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Perpustakaan Provinsi Jateng mulai dibuka kembali. Namun kali ini sistem kunjungannya berbeda.

Pengunjung harus memesan tiket terlebih dulu. Hanya saja, kebijakan tersebut belum tersosialisasi dengan baik.

Itu dirasakan Shafa, 21, mahasiswa Udinus yang ingin meminjam referensi untuk keperluan skripsi. Ia mengaku, tidak tahu jika ada aturan baru.

Yakni memesan tiket terlebih dulu sebelum berkunjung. Ia dibantu petugas perpus untuk mendaftar online supaya mendapat tiket kunjungan.

Gak tau kalau sekarang pake tiket kunjungan. Terus tadi dibantu petugas buat daftar,” katanya Senin (20/9/2021) siang.

Pantauan wartawan koran ini, kunjungan perpus shift 1 dari pukul 08.00 – 10.00 nampak sepi. Hanya ada tujuh pemustaka yang datang.

Baca juga:  Seluruh Fraksi Setuju Raperda Perubahan dan Bentuk Brida 

Memasuki shift 2, sekira pukul 10.30, pengunjung perpus mengalami kenaikan. Yakni sebanyak 15 persen dari shift sebelumnya.

Perpustakaan yang kembali dibuka membuat sejumlah pengunjung merasa lega. Seperti Annur Rosania, 30. Ia merasa lega karena sudah sekian lama menunggu perpus provinsi dibuka.

Selama perpus tutup, ia kesulitan mencari referensi untuk menyelesaikan pekerjaannya sebagai jasa pengetikan (freelancer tugas ketik-tulis).

“Biasanya nyari literature lewat online. Itu susah dan gak enak. Kemarin dapat info lewat instagram. Ini saya jauh-jauh dari Tembalang buat pinjam buku,” ungkapnya sambil memilih buku yang akan dipinjam.

Kepala Seksi Layanan dan Otomasi Perpus Jateng Berti Soraya mengungkapkan, hari pertama kunjungan ini masing-masing layanan belum memenuhi kuota kunjungan.

Baca juga:  Perpustakaan Kota Pekalongan Dibuka Kembali

Hanya layanan kartu anggota yang over kuota. Itu karena banyak pemustaka yang memperpanjang kartu anggota.

“Juga banyak pemustaka membuat KTA baru. Mungkin karena penyebaran informasi yang belum meluas juga, jadi pengunjung masih sedikit,” jelasnya.

Ia berharap uji coba kunjungan ini bisa berhasil. Sehingga pemustaka tidak perlu memesan tiket kunjungan. (cr8/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya