alexametrics

Alokasi Vaksin Jateng 1,2 Juta Dosis Per Minggu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Alokasi vaksin yang dikirim pusat ke Jawa Tengah perlahan bertambah. Pada Agustus lalu Jateng hanya mendapat sekitar 700 ribu dosis vaksin, sedangkan sekarang 1,2 juta dosis per minggu. Meski begitu jumlah tersebut masih jauh dari yang dibutuhkan untuk mengejar target herd immunity Desember mendatang.

“Kami perlu 2,5 juta dosis untuk percepatan vaksin,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Yulianto Prabowo kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng terus melakukan percepatan vaksinasi. Saat ini, total penerima vaksin mencapai 8,7 juta orang atau setara dengan 30 persen dari penduduk Jateng.

Jumlah itu akan terus digenjot setiap pekannya dengan alokasi vaksin yang ada. Sehingga percepatan vaksin terus berjalan. Pihaknya pun optimistis, dari minggu ke minggu ada peningkatan vaksinasi yang cukup siginifikan. “Dalam seminggu terakhir, bisa memvaksin sekitar 1,2 jutaan,” imbuhnya.

Baca juga:  Server Hang, Pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri Sempat Kacau

Pihaknya bersyukur semingggu ini persediaan vaksin sudah ada 1,2 juta. Meski demikian, Dinkes masih berharap ketersediaan vaksin di Jateng bisa sesuai dengan yang diminta yakni 2,5 juta per minggu.

“Harapan kami memang inilah percepatan. Percepatan itu tidak hanya kemampuan menyuntikkan, tapi juga ketersediaan vaksin yang ada,” imbuhnya.

Lebih lanjut, sebagai upaya percepatan pihaknya juga telah meluncurkan mobil pelayanan vaksinasi keliling atau bus vaksin. Agar memudahkan akses kelompok rentan untuk mendapat divaksin.

Seperti halnya, lansia, pra lansia, berpenyakit hipertensi, diabetes, ibu hamil, dan disabilitas. “Ini untuk meningkatkan akses kelompok rentan yang saat ini terbatas,” pungkasnya. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya