alexametrics

75 Persen Penghuni Panti Jompo Punya NIK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 75 persen lansia penghuni panti sosial milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Hal ini untuk menjamin kemudahan akses kesehatan melalui BPJS.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jateng Harso Susilo mengatakan, sebagian besar pegawainya di panti jompo dengan sukarela memasukkan lansia penghuni panti yang tak punya NIK ke dalam Kartu Keluarga (KK). Dengan begitu, para lansia bisa mendapat NIK untuk mengakses BPJS. “Kadang bilangnya nggak punya, ternyata lupa,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pihaknya mengakui proses pembuatan NIK di Disdukcapil memang memakan waktu lama. Pasalnya ia sangat berhati-hati bila mendapati seorang memiliki dua NIK dalam data base. Karena hal itu pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga:  Pelapor Dugaan Korupsi Jadi Tersangka, Ganjar: Harus Dibela

Erry Rahajono, kepala Panti Sosial Pucang Gading mengaku sering kali lansia yang dikirim ke tempatnya tanpa identitas jelas. Akhirnya akses kesehatan sulit diperoleh karena tak punya NIK dan BPJS.

Proses mengurus NIK pun dirasa cukup rumit dan tidak efisien. Pihaknya terkadang kebingungan memenuhi fasilitas kesehatan dengan minimnya dana. “Utamanya meningkatkan kesehatan lansia di panti, sarpras, dan visitasi tenaga medis,” tuturnya.

Harso membenarkan tak banyak tenaga medis khususnya dokter yang mengabdikan diri sebagai PNS. Apalagi ditugaskan di panti jompo. Pihaknya cenderung mengedepankan kerjasama dengan puskesmas setempat. “Kebanyakan dokter memilih kerja di swasta,” kata Harso.

Di samping itu, fasilitas puskesmas dinilai cukup membantu lansia. Bila darurat terjadi, semua puskesmas telah memiliki ambulan. Dokter jaga pun bertugas selama 24 jam secara bergantian. Sehingga pasien dapat dirujuk ke RS Amino, Bhayangkara, dan lainnya. (taf/ida)

Baca juga:  Dinsos Jateng Dukung Penuh LPAI Jateng Aktif Kembali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya