alexametrics


FAN Jateng Borong Dua Penghargaan DAFA Award 2021

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Forum Anak (FAN) Jateng menyabet forum anak teradaptif dan forum anak provinsi terbaik pada Data Forum Anak (DAFA) Award 2021. Dari 11 penghargaan FAN Jateng satu-satunya yang memborong dua penghargaan sekaligus.

Kegiatan yang digelar secara virtual itu diikuti forum anak se-Indonesia. Baik dari tingkat desa, kecamatan, kota atau kabupaten, hingga provinsi. Setelah melaporkan dokumentasi kegiatan secara melalui forumanak.id, dewan menilai data tersebut. FAN Jateng tergolong adaptif mengadakan kegiatan selama pandemi Covid-19. “Kegiatan tetap aktif, tapi semua kami buat secara virtual,” ujar Jason Lee, ketua FAN Jateng kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Sejak awal peluncuran program Jo Kawin Bocah dari DP3AP2KB, pihaknya memang aktif terlibat dalam sosialisasi. Karena program menargetkan anak, maka dirasa anak-anak perlu ikut mengampanyekan hal tersebut. “Satu dari sembilan anak perempuan di Jateng menikah di bawah 19 tahun,” ungkap Jason.

Berbagai kegiatan diadakan untuk menumbuhkan kesadaran sesama anak soal pernikahan anak di Jateng. Ia memulai dari live instagram bersama psikolog, dinas, genre, dan fasilitator lainnya. Membuat tiktok challenge dengan jingle miliknya. Sampai acara besar yang mengundang influencer, UNICEF Indonesia, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. “Paling ramai pernah pesertanya sampai 1.500-an lebih, dan nggak cuma dari Jateng,” tandasnya.

Saat koran ini mengecek tayangan ulang tersebut sudah ditonton sebanyak 13 ribu lebih. Komentar anak-anak di berbagai daerah pun banyak. Hal ini menunjukan anak memiliki keingintahuan lebih dan perlu diberi akses.

Dalam akun instagram milik FAN Jateng konten microblog cukup banyak dan konsisten. Informasi yang diposting pun tak melulu soal kawin bocah. Namun juga banyak pengetahuan baru yang dekat dengan dunia anak. Termasuk tips agar anak berani berpendapat di keluarga.

Belum lama ini FAN Jateng juga mendapat Anugrah Forum Anak dengan Dedikasi Tertinggi dari KPAI. Ia mengaku tak pernah menyangka bakal mendapat penghargaan. Hal itu bukan menjadi fokus utama dalam melakukan program FAN Jateng.

Setelah banyak usaha dituangkan Jason bersama 22 anggotanya, penghargaan datang dengan sendirinya. Bahkan pada acara award yang sama ia hampir mendapat nominasi Pelapor dan Pelopor (2P) terbaik juga. Namun harus tersingkir oleh forum anak lainnya karena beberapa hal. (taf/ida)

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya