alexametrics

Pencari Kerja Meningkat, Agustus Capai 12.095 Pelamar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jumlah pencari kerja selama Agustus mencapai 12.095 pelamar. Meningkat 2.189 orang jika dibanding Juli lalu sebanyak 9.906 pencari kerja.  Mereka melamar kerja melalui E-Makaryo milik Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah.

Hingga sekarang terdapat 1.979 lowongan kerja (loker) aktif dengan total 107 posisi. Di antaranya 1.642 pencari kerja telah melamar. Lalu total pemberi kerja secara keseluruhan sebanyak 752 perusahaan yang sudah memiliki akun.

“Loker kebanyakan di sewing dan operator jahit, serta sektor padat karya,” ujar Amrih, penanggung jawab sistem informasi E-Makaryo.

Di samping itu juga terdapat loker untuk posisi HRD, teknik industri, staf IT, akuntan, kurir hingga terapis. E-Makaryo membuka kesempatan bagi lulusan SD sampai jenjang sarjana. Semua masyarakat Jateng memiliki peluang yang sama untuk melamar kerja di E-Makaryo.

Baca juga:  PSISa Salatiga Optimistis Lolos Fase Grup E Liga 3 Jawa Tengah

Pencari kerja hanya perlu mengetik kata kunci E-Makaryo pada laman pencarian smartphone atau laptop.

Sistem tersebut mempertemukan antara penyedia lapangan kerja, pencari kerja, dan BLK seluruh Jateng. Hingga sekarang telah menghubungkan 168.685 pelamar ke perusahaan sejak awal platform dibuka.

Dikatakan, data pencari kerja yang telah diterima baru 96 orang. Hal ini kemungkinan disebabkan perusahaan yang menerima pelamar belum meng-update status diterima pada sistem.

Pihaknya mengimbau agar perusahaan yang menggunakan E-Makaryo rutin memperbarui status. Dengan begitu akun tidak terkunci. Lalu dapat memasang loker di lain waktu.

“Itu masalah klasik job portal dimana pun, Mbak,” pungkasnya. (taf/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya