alexametrics


Soal Tempat Wisata, Ganjar: Kalau Agak Berat untuk Mengawasi, Ditutup Saja

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Pemkab Magelang menutup daya tarik wisata di wilayahnya selama libur Idul Fitri 2021. Termasuk wisata super prioritas Candi Borobudur yang tutup sejak 8 Mei hingga 17 Mei.

Ganjar lantas berharap kebijakan ini bisa diikuti kabupaten/kota lain. “Mudah-mudahan yang di Magelang ini juga bisa menjadi contoh,” ujar Ganjar ketika mengecek kawasan Candi Borobudur, Senin (10/5/2021).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini juga mengingatkan pemerintah daerah memperhatikan potensi keramaian di tempat wisata. Menurutnya, tempat wisata lebih baik tutup jika tidak dapat melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. “Kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi, ditutup saja,” tegasnya.

Ganjar juga meminta daerah lain yang masih membuka tempat wisata agar memastikan perizinannya sesuai. Yakni melakukan pembatasan jumlah kunjungan maksimal 30 persen dari kapasitas total dalam kondisi normal. Hal ini diharapkan untuk mempermudah kontrol terhadap adanya kerumunan.

“Kami selaku pengelola zona II Candi Borobudur mendukung kebijakan Pemkab Magelang dengan melakukan penutupan operasional saat libur Lebaran. Mengingat Kabupaten Magelang masuk zona oranye,” ujar Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Edy Setijono.

Kata Edy penutupan tersebut ditetapkan sesuai kebijakan yang telah diambil Pemkab Magelang melalui Surat Edaran Bupati Magelang Nomor : 443.5/1729//01.01/2021 tanggal 4 Mei 2021. Menetapkan bahwa destinasi wisata untuk daerah dengan zona orange dan merah ditutup untuk masyarakat umum. “Selama penutupan, kami tetap melakukan perawatan terhadap destinasi sebagai bentuk komitmen terhadap sertifikasi CHSE yang kami terima dari Kemenparekraf,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Bencana TWC Emilia Eny Utari mengatakan, selama penutupan, di kawasan candi akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala untuk menjaga kebersihan. “Kami akan terus menjaga lingkungan di kawasan candi agar tetap steril dan bersih dari Covid-19. (rhy/man/lis)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer