alexametrics

Nyalon Ketua Umum PPP, Taj Yasin Didukung Delapan DPW

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Dukungan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejumlah provinsi mengalir kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen untuk maju sebagai ketua umum partai berlambang kabah ini. Setidaknya sudah delapan DPW yang mendukung pencalonan Taj Yasin.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini mengaku, dirinya siap maju dalam pencalonan Ketua Umum PPP pada Muktamar IX di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 19-21 Desember mendatang. Pertimbangannya, di antaranya karena banyaknya dukungan yang masuk, baik dari DPW, DPC, para kiai, ulama, ormas, dan kader lainnya. Ia juga mendengarkan masukan, saran, dan dukungan dari DPW PPP dan DPC PPP dari Sabang sampai Merauke.

“Maka dengan mengharap ridha Allah Subhanahu wa ta’ala seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menerima amanah untuk dicalonkan sebagai ketua umum dalam Muktamar IX PPP,” kata Gus Yasin seusai mengikuti acara Silaturahmi dan Deklarasi Calon Ketua Umum PPP, Rabu (2/11/2020) di Hotel Grand Candi, Semarang.

Baca juga:  Ribuan Buruh Jateng Ancam Mogok Kerja

Gus Yasin menceritakan, awal mula dirinya menerima pencalonan, salah satu usulan dari salah-satu Ketua DPW mendatanginya pada Desember 2019 lalu agar mencalonkan diri sebagai ketua umum. Kemudian juga diminta oleh para kiai dan ibu nyai untuk meneruskan Ir H Muhammad Romahurmuziy MT.

“DPC-DPC yang saat mengadakan rapimcam juga memunculkan nama saya.  Sehingga ini yang menguatkan saya harus menerima amanah dari teman-teman kader, khususnya para kiai dan para habaib,” tambahnya.

Gus Yasin mengaku sudah berkomunikasi dan mendapat dukungan pengurus DPW PPP dari berbagai daera,h seperti dari Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan Sumatera. “Niat kita satu yaitu ingin mengembalikan PPP ke khitah, fusi, dan kepada asasnya. Dan kedua, tentu ingin ada perubahan,” imbuhnya.

Dikatakan, niatnya hanya satu yakni ingin mengembalikan PPP ke khitahnya, kepada asasnya, dan ingin ada perubahan. Kader yang sudah sangat lama sejak 2000 sampai saat ini hanya itu-itu saja dan butuh penyegaran. Terkait dengan NU, menurutnya harus kembali dan NU merupakan organisasi kemasyarakatan dan memang NU kembali pada jalur organisasi.

Baca juga:  Warga Miskin Masih Tinggi

Artinya, sudah semestinya NU itu memberikan ketenangan kepada semua umat dan NU harus menjadi orangtuanya partai, siapapun itu, partai apapun harus menjadi anaknya NU. Karena di situ tempatnya para ulama. Ia yakin bahwa ketika NU itu kembali ke khitah. Artinya, kalau mau ke organisasi ke NU, tetapi kalau politik disalurkan ke partai.

“PPP dirikan oleh NU dari fusi empat ormas. Yakni, NU, Parmusi, Perti dan SI, dan sudah disowani semua. Semuanya merestui. Alhamdulillah dukungan ini yang menguatkan saya mendeklarasikan menjadi salah satu calon ketua umum,” paparnya.

Gus Yasin mengatakan, pembaharuan partai ini dikembalikan kepada para kiai dan habaib ini.  “Sering menyampaikan aspirasinya seperti itu, karena memang beliau-beliau itu tidak mempunyai kepercayaan kepada partai yang mana. Makanya kami akan memfasilitasi kiai dan para habaib khususnya umat Islam menyampaikan aspirasinya ke depan di partai PPP,” katanya.

Baca juga:  Razia di Kamar Hotel, Satpol PP Magelang Dibuat Kaget dengan Pasangan Ini

“Di PPP itu ada yang namanya Majelis Akhla atau masjelis tertinggi. Nah ini akan dikembalikan kepada para kiai ke pangkuan pondok-poindok pesantren atau surau-surau yang mereka membidangi di situ. Sehingga beliau-beliau inilah menjadi pengingat kepada para Ketua Umum PPP. Apapun keputusannya harus sepertujuan dan sepengatuan para kiai pondok pesantren yang Ahlisunnah waljamaah (NU),” jelasnya.

Ketua DPW PPP Kalimantan Tengah Awaludin Noor mengaku, Taj Yasin Maemoen merupakan sosok yang tepat untuk memimpin PPP. Pasalnya, orangnya yang supel dan masih keturunan pendiri PPP. Sehingga harus didukung dalam muktamar yang akan berlangsung pada Desember ini. “Selain sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen juga sosok yang mampu dipercaya membawa partai menuju pembaharuan,” katanya. (hid/aro/bas)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya