alexametrics

Realisasi Target Penerimaan Pajak Kendaraan Hampir 100 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Realisasi penerimaan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jateng sudah hampir 100 persen dari target di akhir 2020 ini. Data Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jateng menyebutkan realisasi penerimaan PKB tersebut sekarang sudah menyentuh 85,14 persen.

“Realisasi sudah Rp 4,013 triliun dari target Rp 4,714 triliun,” ujar Kepala Bapenda Jateng Tavip Supriyanto saat ditemui usai pengundian Berkah Bayar Pajak Kendaraan 2020. Dimana acara tersebut diselenggarakan oleh Bapenda dan Tim Pembina Samsat Jateng, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu, untuk penerimaan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pihaknya perlu untuk lebih bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan daya beli masyarakat terhadap kendaraan juga mengalami penurunan di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca juga:  Puncak Musim Hujan, Jateng Waspada Longsor

Untuk mengejar target tersebut, pihaknya melakukan berbagai kemudahan pelayanan. Di antaranya, dengan mendekatkan titik layanan, yang berjumlah 219 titik. Pihaknya juga mengirimkan personel secara langsung untuk melakukan kunjungan langsung ke wajib pajak dan sosialisasi melalui lewat berbagai media.

Terkait, efek pandemi Covid-19 terhadap pembayaran pajak kendaraan, ia juga mengakui hal tersebut. Bila dibandingkan dengan periode yang sama di 2019 lalu, ada penurunan minus 2,43 persen.

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan pajak, pihaknya juga melakukan pembebasan denda keterlambatan pajak kendaraan. Hal itu menurutnya, cukup efektif menambah pendapatan daerah. Program tersebut diatur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Jateng nomor 44/2020 tanggal 19 Oktober 2020 tentang Pemberian Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Masyarakat Jateng.

Baca juga:  Kabar Gembira, Sembilan Klaster Pasar sudah Teratasi

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Jateng Dyah Lukisari. Dikatakan Dyah, pajak merupakan komponen pembangunan infrastruktur. Meski masih pandemi Covid-19, pihaknya berharap kinerja Bapenda bisa ditingkatkan jelang akhir tahun 2020 ini.

“Paling bisa diharapkan adalah kendaraan dinas. Untuk kendaraan-kendaraan dinas bisa di-push,” ujar Dyah. Undian tersebut dimenangkan oleh Wajib Pajak (WP) atas nama Barno warga Sidomulyo 001/003, Teras, Kabupaten Boyolali.

Pada undian tersebut, Barno mendapat hadiah grandprize berupa 1 unit mobil dalam pengundian. Selain mobil, ada hadiah lainnya yang diundi yakni enam motor yang diundi, pada acara tersebut.

Pemenang undian Berkah Bayar Pajak Kendaraan 2020 selain Barno yang mendapatkan mobil, terdapat pemenang motor roda dua, Warsiti dari Kota Semarang, Basirun dari Kabupaten Boyolali, Sujari dari Kabupaten Blora, Sugianto dari Kabupaten Tegal, Samiarja Saimin dari Kabupaten Purbalingga, dan Arif Utomo dari Kabupaten Kebumen. (ewb/kom/ida)

Baca juga:  Modus Tawari Pekerjaan, Embat Motor Korban

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya