alexametrics

Habib Luthfi Sosok Guru Bangsa, Kiprahnya Selalu Menginspirasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangJawa Pos Radar Semarang akan memberikan penghargaan kepada anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sekaligus ulama kharismatik asal Pekalongan, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya. Penghargaan bertitel Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020 tersebut akan diserahkan langsung Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi didampingi jajaran manajemen dan redaksi Jawa Pos Radar Semarang.

Ketua Panitia Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020 M Rizal Kurniawan menyampaikan, penghargaan akan disampaikan kepada Habib Luthfi di kediamannya di Kota Pekalongan pada Selasa (24/11/2020) besok.

Dijelaskannya, Habib Luthfi sangat layak menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang atas kiprahnya selama ini. “Sebagai seorang ulama besar, beliau (Habib Luthfi) dalam setiap pesan maupun dakwahnya selalu mengingatkan pentingnya persatuan antarumat beragama, meneguhkan nasionalisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata redaktur senior Radar Semarang ini.

Karena itu, kategori penghargaan yang disematkan kepada Habib Luthfi adalah Ulama yang Menggelorakan Nasionalisme dan NKRI. “Pesan-pesan beliau dalam setiap ceramahnya selalu sejuk, mengajak ukhuwah Islamiyah, persatuan kesatuan antarumat. Itu yang selalu disampaikan oleh beliau,” ujar Rizal.

Baca juga:  Akhir Tahun, Deadline Bentuk Pengurus Baru

Habib Luthfi juga tercatat sebagai Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah (Jatman), Ketua Forum Sufi Internasional, Pendiri dan Pembina Majelis Ta’lim Kanzus Sholawat Pekalongan serta pernah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.

Karenanya, Jawa Pos Radar Semarang merasa perlu untuk mengapresiasi kiprah beliau. “Kiprah Habib Luthfi menginspirasi umat untuk selalu menjaga toleransi, mengedepankan persatuan di atas segala-galanya,” katanya.

General Manager Jawa Pos Radar Semarang Iskandar mengatakan, pada gelaran Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020, pihaknya yang mendatangi penerima apresiasi. “Ini kami lakukan karena kondisi masih di tengah pandemi Covid-19, sehingga ada perubahan penyerahan,” ujarnya.

Tahun-tahun sebelumnya Anugerah Jawa Pos Radar Semarang selalu dilaksanakan di hotel berbintang dengan nuansa dan pergelaran acara yang berkelas.  “Ini merupakan tahun keenam yang kami laksanakan. Khusus tahun ini, tidak kami selenggarakan di hotel untuk menghindari kerumunan dan demi kebaikan bersama,” kata Iskandar.

Baca juga:  Paslon Tunggal Belum Pasti, Wonosobo dan Sragen Berpotensi Muncul Balon Lawan

Meski diselenggarakan secara sederhana, namun kegiatan tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Wajib memakai masker, menjaga jarak, dan tidak ada kerumunan,” tandasnya.

Dijelaskan, Anugerah Jawa Pos Radar Semarang merupakan apresiasi yang diberikan kepada sosok perseorangan maupun kelembagaan, baik pemerintah maupun swasta, atas kiprah positifnya bagi bangsa dan masyarakat. Mereka telah melakukan inovasi, kreativitas, maupun terobosan yang luar biasa di bidangnya. Kiprahnya menginspirasi sesama.

“Anugerah Jawa Pos Radar Semarang merupakan tradisi penghargaan yang dipersembahkan oleh manajemen Jawa Pos Radar Semarang sebagai wujud apresiasi kepada sosok-sosok inspirasional yang telah berjasa bagi kemajuan di wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Sosok-sosok yang diberi apresiasi merupakan pilihan redaksi dan manajemen Jawa Pos Radar Semarang, dengan mengacu pada sejumlah kriteria. Antara lain, dedikasinya pada daerah, memberikan inspirasi, spirit, pencerahan, teladan, dan bermanfaat bagi sesama. Sosok-sosok itu tak sebatas yang berkiprah di tingkat Jawa Tengah, tapi juga nasional untuk kemajuan wilayah Jawa Tengah. Inovasi dan kreativitas mereka tak sebatas pada saat kondisi normal. Pada saat seperti saat ini, di tengah pandemi Covid-19, mereka terus menebar kebaikan.

Baca juga:  Warga Terdampak Jalan Tol Semarang-Demak Dapat Ganti Untung Miliaran, Beli Kapling dan Bangun Rumah

Sejumlah tokoh yang sudah menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020 adalah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Priyanto, Wali Kota Pekalongan M Saelany Machfudz, Anggota DPR RI A Mujib Rohmat, Advokat John Richard Latuihamallo, Pengusaha Property Sunatha Liman Said, Pegiat Sosial Wong Aman Gautama Wangsa, Perumda Air Minum Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan, dan Kepala SMAN 1 Kendal Yuniasih. Setelah ini, masih ada sosok-sosok inspiratif lainnya yang akan menerima Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2020. (ton/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya