alexametrics

Apresiasi UKM Eksis, Ganjar Anugerahkan Siddhakarya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terus berinovasi dan berkarya di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, Ganjar membanggakan UKM yang tetap menjalankan kegiatan ekspor.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai acara Penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 bertajuk untuk Jawa Tengah Lebih Produktif di Zaman Now, di Pesona Hotel Semarang, Selasa (6/10/2020). Penganugerahan ini, untuk mendorong UKM tetap kreatif dan inovatif.

Anugerah Siddhakarya Tahun 2020 ini diberikan pada 6 UKM mulai dari Kecil, Menengah hingga Besar. Penerima dari kategori UKM Kecil yakni CV Nasrava dan CV Adi Daya Group. Kemudian UKM Menengah, anugerah Sidhhakarya diberikan pada PT Mirasa Food Industry dan PT Trijaya Tissue. Untuk kategori UKM Besar yakni PT Tiga Pilar Sejahtera dan PT Sutanto Arifchandra Elektronik.

Baca juga:  Tiga Peredaran Sabu Dikendalikan Napi

Ganjar mengaku sumringah kala mendengar cerita salah satu penerima anugerah siddhakarya, yang memproduksi aneka kain dan tetap melakukan ekspor ke Tiongkok dan Singapura. Meskipun tidak dalam jumlah besar.

“Kemudian kripik singkong, (omzet) naik 30 persen (ekspor) sampai ke Eropa. Siapa menduga? Nah yang begini ini yang mesti dibantu, mesti dinik-nik (diperhatikan), kemudian dirawat didampingi agar dia bisa menjual lebih banyak lagi,” katanya.

Ganjar mengatakan, UKM yang mengalami peningkatan harus terus didorong dan didampingi. Sebab, peningkatan omzet tentu seiring dengan peningkatan produksi. “Industrinya bertahan, bisa membuka lapangan kerja. Kalau produksi naik, biasanya tenaga kerjanya bertambah,” ucap Ganjar.

Ganjar pun mengaku takkan ragu memberikan insentif pada UKM kecil, menengah maupun besar yang mengalami kondisi tersebut. “Yang begini ini, menjadi satu catatan khusus pemerintah. Kami akan memperhatikan dan mendorongnya untuk tetap eksis. Insentifnya kami berikan saja, agar bisa lebih produktif,” tandasnya. (bis/lhr/ida/bas)

Baca juga:  Dinsos Gelar Lomba secara Online

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya