Perkuat Parlemen Modern Dengan Televisi Digital

176
Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto ketika melakukan siaran perdana di Ruang Siar Gedung Berlian, Kamis (3/9/2020). (Dewi Akmalah/ Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – DPRD Jateng meluncurkan aplikasi berbasis digital. Bernama Berlian Televisi, Suara Wakil Rakyat Jawa Tengah.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin menjelaskan aplikasi ini berbeda dari televisi pada umumnya yang biasanya menggunakan frekuensi maupun kabel. “Produksi dan transmisi aplikasi ini berbasis digital dengan menggunakan sosial media,” ujarnya.

Terkait konten dari Berlian Televisi ini akan berisi mengenai kegiatan para dewan. Baik saat reses, kunjungan daerah pemilihan (dapil) maupun kegiatan lainnya.  Melalui media tersebut, masyarakat bisa secara langsung melihat dan mengawasi apa saja kegiatan dewan. Sekaligus menyampaikan aspirasi sehingga tercipta transparansi dan keterbukaan dari dewan ke masyarakat. “Hal ini menjadi salah satu pemenuhan empat syarat penguatan parlemen modern. Dimana salah satunya harus memiliki penyiaran digital,” lanjutnya.

Nantinya aplikasi ini akan terintegerasi dengan Sistem Pelayanan Dewan (Sipelwan). Seperti aplikasi sebelumnya. Yakni e-wadul, e-legislasi dan yang akan dibentuk pada tahun 2021 yakni e-aspirasi. “Harapannya aplikasi ini semua dapat memudahkan dewan untuk dapat berinteraksi serta melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mengapresiasi adanya inovasi tersebut. Menurutnya aplikasi ini sangat membantu tugas para anggota dewan. Untuk menyebarkan informasi, baik dari anggota ke masyarakat maupun sebaliknya.

Pihaknya meminta seluruh anggota dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik. Untuk berkomunikasi dengan konstituennya. “Ini merupakan salah satu wujud parlemen modern. Dan paradigma baru ini saya harapkan bisa terus berfungsi ke depan. Walaupun nanti berganti kepengurusan atau tidak,” pungkasnya. (akm/ida/bas)