alexametrics

Terhalang Mendung, Hilal Belum Terlihat di Jateng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tim Kanwil Kementrian Agama Jateng baru tahun 2020 ini menggelar Rukyatul Hilal di Bukit Candi Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Dari pengamatan di bukit dengan ketinggian 1.641 meter dari permukaan air laut tersebut hilal masih belum terlihat. Terhalang cuaca mendung sejak sore. Bahkan turun hujan di beberapa wilayah di Jateng. “Di Jateng masih belum bisa melihat hilal. Tertutup mendung,” kata Kepala Kanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad usai menggelar rukyatul hilal di Bukit Candi Sukuh, Selasa petang (21/7/2020).

Ia menambahkan, Bukit Candi Sukuh Karanganyar ini dipilih menjadi lokasi yang baru dalam pelaksanaan rukyat karena representatif. Sebetulnya sudah lama Candi Sukuh diajukan untuk menjadi pusat kegiatan rukyatul hilal di Jateng. Tapi baru disetujui tahun ini. “Cuaca memang sedang tidak cerah,” ujarnya.

Baca juga:  Gubernur Ganjar Kirim Tim Relawan dan Bantuan Logistik Rp 934 Juta

Dalam Rukaytul Hilal dihadiri sejumlah tim dari Kemenag Jateng, jajaran Bidang Urais, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar beserta jajaran, serta perwakilan ormas agama Islam. Dari beberapa titik yang ditentukan di Jateng, semua sama masih belum melihat hilal karena cuaca yang mendung dan hujan.

Meski di Jateng tak terlihat, namun di beberapa daerah lain melihat hilal untuk mengetahui awal bulan Dzulhijjah 1441. Menteri Agama (Menag) RI pun menetapkan 1 Zulhijjah 1441H jatuh pada Rabu, 22 Juli 2020. Dan Idul Adha yang bertepatan dengan 10 Zulhijjah 1441H jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. (fth/ida/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya