alexametrics

Bagikan Sembako, Bedah Rumah Warga

Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 kali ini diperingati secara sederhana di tengah pandemi Covid-19. Rangkaian kegiatan bahkan banyak diisi dengan kegiatan sosial. “Memang untuk kegiatan sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Mengingat saat ini masih terjadi pandemi Covid-19,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah, Priyanto, SH, MH.

Kendati demikian, kegiatan tetap dilakukan, dengan tidak melibatkan kerumunan massa.

Priyanto mencontohkan, baru-baru ini, Kejati Jateng menggelar bakti sosial di Kelurahan Banjarsari, Surakarta. Kegiatan serupa juga dilakukan di masing-masing Kejari. Bhakti sosial sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-20 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD). Total, ada 5.013 paket sembako di seluruh Kejari di Jawa Tengah yang dibagikan kepada warga terdampak Covid-19. “Kami juga melaksanakan bedah rumah di Cilacap dan Grobogan,” ujarnya.

Baca juga:  Disnakertrans Pantau Pembagian THR di Tiga Pabrik

Masih menurut Priyanto, kegiatan tersebut wujud kepedulian Kejaksaan kepada masyarakat. Penyerahan bantuan dilakukan di lapangan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.  Di kelurahan ini, ada sekitar 870-an orang yang terdampak Covid-19.

Dalam pesannya, Priyanto meminta masyarakat tidak berkecil hati. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama  menanggulangi penyebaran Covid-19. Hikmah terjadinya pandemi ini adalah, sambung mantan Kajati Sumbar itu,  masyarakat harus hidup dengan pola bersih. “Mengenakan masker, sering mencuci tangan sekarang sudah menjadi kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Pembagian paket sembako di Banjarsari, Surakarta,  mengedepankan protokol kesehatan. Selain pemeriksaan suhu tubuh, warga penerima bantuan diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta dilarang berkerumun. “Dari 1.000 warga yang diberikan, hanya 30 orang yang kami undang untuk menerima simbolis. Sisanya diberikan kecamatan untuk dibagikan secara langsung,”  katanya.

Baca juga:  Beri Mahar Politik, Pencalonan Dibatalkan

Sebelum penyerahan bantuan, Kejaksaan melakukan koordinasi via video conference dengan Jaksa Agung Republik Indonesia ke-24, Dr H Sanitiar Burhanuddin. Burhanuddin meminta Korps Adhyaksa untuk solid dalam mengawal berbagai proses hukum. Tema HBA kali adalah Terus Bergerak dan Berkarya.

Secara khusus,  Priyanto juga meminta dukungan media dan masyarakat untuk ikut andil dalam upaya-upaya pencegahan korupsi. Salah satunya, pengawalan re-focusing dana Covid-19. “Saya berharap informasi sekecil apapun bisa disampaikan kepada kami, sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi,” harapnya. (jks/isk/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya