alexametrics

PDIP Berikan Rekom untuk Lima Paslon di Jateng, Ini Bocorannya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan akan kembali mengeluarkan rekomendasi pasangan calon (paslon) kepala daerah tahap II, Jumat (17/7/2020). Setelah Februari lalu lalu memberikan rekomendasi untuk 12 daerah, kali ini giliran lima daerah lainnya. Termasuk untuk Kota Surakarta, yang notabene paling panas dan banyak dibicarakan masyarakat.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng Baginda Muhammad Mahfuz menuturkan, lima daerah yang akan diumumkan tersebut, yakni Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo. Siapapun yang terpilih nantinya, mereka telah melalui mekanisme penjaringan dari tingkat DPC dan DPD. Hingga akhirnya masuk ke DPP. Dan setelah menjalani uji kelayakan barulah DPP mengeluarkan rekomendasi tersebut.

Baca juga:  Polres Wonosobo Beli Lima Ton Sayuran Petani

“Sudah menjadi hak prerogatif DPP untuk memutuskan siapa yang mendapat rekomendasi,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Berdasarkan informasi yang beredar kemarin, putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka santer dikabarkan menjadi yang terpilih untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta. Ia yang mendaftar melalui pintu DPD PDIP Jateng berhasil memperoleh rekomendasi, sekaligus mengungguli bakal calon yang diusulkan DPC PDIP Kota Surakarta, Achmad Purnomo. Untuk wakilnya, Gibran sendiri akan berpasangan dengan Teguh Prakosa yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD sekaligus Sekretaris DPC PDIP Surakarta.

Sedangkan untuk rekomendasi lainnya, pasangan Etik Suryani dan Agus Santosa terpilih untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Sukoharjo. Etik adalah istri Bupati Sukoharjo petahana, Wardoyo Wijaya. Sedangkan Agus adalah Sekda Sukoharjo. Pasangan lain yang mendapatkan rekomendasi PDIP adalah Fadia Arafiq dan Riswadi untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan; Agustinus Susanto dan Rahmad Kabuli untuk Pilkada Kabupaten Purworejo, serta Afif Nur Hidayat dan Muhammad Albar untuk Pilkada Kabupaten Wonosobo.

Baca juga:  Duh, 29 Bus Berpenumpang Tanpa Prokes Lolos Masuk Jateng

Ketika ditanya terkait informasi tersebut, Baginda enggan berkomentar. Dan lebih baik menunggu pengumuman resmi dari DPP yang akan disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

Sementara itu, terkait mekanisme pengumuman, rencananya akan dilaksanakan secara virtual langsung dari DPP. Pasangan calon yang terpilih akan berkumpul di Panti Marhaen untuk menerima rekomendasi tersebut. Hanya saja, mereka tidak diperbolehkan membawa para pendukung dan selalu menjaga protokol kesehatan. “Iya, untuk besok pengumumannya lewat daring,” ujar singkat Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto.

Afif Nurhidayat yang dibocorkan akan mendapatkan rekomendasi sebagai calon Bupati Wonosobo saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui ada info tersebut (nama-nama rekom dari PDIP, Red). Karena resminya baru hari ini diumumkan langsung oleh DPP. “Namun kalau ada perintah atau penugasan¬† partai siap melaksanakan,” ujarnya. (akm/aro/bas)

Baca juga:  PKS Targetkan Jadi Parpol Pemenang

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya