Pisah Sambut, Rycko Pamitan ke Forkopimda

Grafis: Ibnu/Jawa Pos Radar Semarang

RADARSEMARANG.ID, Semarang –Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel telah dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Senin pagi (11/5/2020) Rycko akan menggelar pisah sambut dengan kapolda baru, Brigjen Pol Ahmad Luthfi. Acara pisah sambut ini dilakukan setelah kegiatan Apel Pagi di halaman Mapolda Jateng.

Baik Rycko maupun Ahmad Luthfi telah dilakukan pelantikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz di Jakarta pada Jumat (8/5/2020) lalu. “Iya, pelantikan Jumat (lalu) di Gedung Mabes Polri, yang melantik Pak Kapolri,” ungkap Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Berdasarkan rundown acara pisah sambut tersebut, Kabaintelkam Polri Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Kapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi akan Apel Pagi di halaman Mapolda Jateng, Senin (11/5/2020) pukul 08.00. Usai kegiatan tersebut, keduanya melaksanakan silaturahmi dan pamitan kepada ke Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Jawa Tengah, termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi.

Acara terakhir, Kapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi beserta pejabat utama (PJU) Polda Jateng dan para kapolres jajaran Polda Jateng melepas Kabaintelkam Polri Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di halaman Mapolda Jateng.

Sementara itu, nama Brigjen Pol Ahmad Luthfi sudah tidak asing lagi. Sebelum dilantik menjadi Kapolda Jateng, dia menduduki jabatan Wakapolda Jateng.  Perjalanan karir Ahmad Luthfi sebagai perwira menengah hingga perwira tinggi berawal saat ia resmi menjabat Kapolresta Solo pada 5 Februari 2015. Kemudian ikut pendidikan pelatihan kepemimpinan di Lemhanas 2017.

Pada 21 Maret 2018, pria kelahiran Surabaya, 22 November 1966 itu dilantik menjadi Wakapolda Jateng oleh Kapolda Jateng kala itu, Irjen Pol Condro Kirono. Saat itu, Luthfi naik pangkat bintang satu alias Brigjen.  Kini bintangnya akan bertambah menjadi dua atau berpangkat Irjen Polisi, setelah menjabat sebagai Kapolda Jateng. Yang paling fenomenal, Ahmad Luthfi adalah perwira pertama non Akpol (Akademi Polisi) yang tampil menjadi Kapolda Jateng. Selamat bertugas. (mha/aro/bas)

 





Tinggalkan Balasan