Polda-TNI Dirikan Dapur Umum di 11 Lokasi

527

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Anggota Polda Jawa Tengah bersama TNI mendirikan dapur umum untuk membantu masyakarat ditengah Pandemi Covid-19. Ada 11 lokasi di Jawa Tengah yang didirikan terkait dapur umum ini.

“Satbrimob bersama tiap batalyon TNI di Jawa Tengah melaksanakan giat bakti sosial berupa dapur umum. Gabungan TNI dan Polri di 11 titik di Polda Jateng. Mereka masak sendiri,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat mengecek dapur umum di titik Simpang Lima Semarang, Jumat (17/4/2020) kemarin.

Selain mendirikan dapur umum, Polda Jateng juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis dilingkungan rumah sakit di Jawa Tengah. Menurut Rycko APD ini sangat dibutuhkan mereka yang tengah berjuang menyembuhkan para pasien virus corona Covid-19.

Rycko mengatakan, Polda Jateng melaksanakan bakti sosial secara serentak di seluruh Polres Polres jajaran Polda Jateng. Ada 35 polres melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan memberikan alat bantuan pendukung tenaga medis di seluruh rumah sakit – rumah sakit rujukan dan puskesmas di Jateng penanganan Covid-19.

“Ada 86 RS rujukan dan 187 puskesmas di jajaran Polda Jateng. Seluruhnya Kami datangi. Tujuannya kami adalah untuk mendukung moril dan bantuan kepada para tenaga medis,” katanya.

Rycko menyebutkan, bantuan APD yang diberikan berupa masker, baju hazmat, sarung tangan, face shield, sepatu boot, hand sanitizer. Pihaknya juga menyampaikan rasa trimakasih kepada tenaga medis yang terus tetap semangat dalam menyembuhkan pasien pasien utamanya yang terkena virus Covid-19.

“Kawan kawan Polisi mendukung mereka. Seluruh bantuan ini. Kami adakan secara donasi sukarela dari anggota polisi dan PNS Polda Jawa Tegah. Polisi di Polda terkumpul Rp 300 juta lebih,” jelasnya.

Donasi yang terkumpul tersebut akan digunakan secara bertahan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan termasuk tenaga medis dalam penanganan Covid 19. “Kepada kawan-kawan kita perawat, tenaga medis, pak dokter, perawat dan seluruh pendukungnya di rumah sakit. Dan bisa segera memberikan kesembuhan kepada yang sakit,” katanya.

Dansat Brimob Polda Jateng, Kombes. Pol. Tory Kristianto menambahkan, sudah berkoordinasi dengan TNI Polri, terkait bakti sosial dapur umum bagi umum. Sasarannya adalah masyarakat yang kurang mampu termasuk Tukang becak ojek online tukang parkir.

“Nantinya satu titik ada 300-500 porsi. Menunya berbagai macam, ada ayam, sayuran, nasi. Tehnis pembagian kita lihat dengan masyarakat yang ada. Dibuka sampai kapan nanti melihat kebutuhan kalau diperpanjang nanti bisa sampai kegiatan sahur dan buka bersama,” pungkasnya. (mha/bas)

 





Tinggalkan Balasan