alexametrics

Terapkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GENUK, — Nilai-nilai Pancasila sangat dihayati warga RW 3 Kelurahan Genuksari Kecamatan Genuk. Toleransi dan kerukunan selalu dijaga. Kampung Demokrasi Pancasila menjadi salah satu peserta Lomba Kampung Hebat 2019-2020 kategori Kampung Pancasila.(SULISTIONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)>

Lurah Genuksari Sutrisno menjelaskan, Kampung Demokrasi Pancasila ini diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada 12 April 2019. Diharapkan keberadaan kampung ini bisa mengingatkan warga pada nilai-nilai Pancasila. “Di sepanjang kampung ini banyak ditaruh tulisan kata-kata yang mengingatkan warga tentang nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Selain itu, gambar-gambar presiden Republik Indonesia dan para pahlawan nasional juga terpampang di berbagai sudut kampung. “Itu juga untuk mengingatkan warga dan anak-anak terhadap para pahlawan bangsa,” tambah Sutrisno. Setiap rumah juga dipasangi gambar Garuda Pancasila lengkap dengan sila-sila Pancasila.

Baca juga:  Sertijab Pejabat Polda Gunakan Digital Signature

Penggagas Kampung Demokrasi Pancasila Achmad Robani Albar mengatakan, setiap malam Rabu digelar acara Ngaji Pancasila. Dalam kegiatan ini, warga akan digembleng masalah kebangsaan dan agama. “Sebelum pengajian secara bersama-sama warga menyanyikan lagu kebangsaan, lagu perjuangan dan Pancasila, baru dilanjutkan dengan pengajian. Jadi ada pemahaman kebangsaan yang digabungkan dengan pemahaman keagamaan,” jelas Albar yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Nahdlatul Ulama Jawa Tengah ini.

Banyak kegiatan yang digelar dengan dilandasi nilai-nilai Pancasila. Adanya Ngaji Pancasila merupakan salah satu penerapan sila pertama. Kerja bakti rutin merupakan wujud gotong royong dalam bingkai persatuan. Lalu setiap minggu terakhir digelar acara Bulan Jumpa, yakni pertemuan warga untuk membahas berbagai program kampung secara musyawarah. “Warga semakin rukun. Bila dulu wilayah sini terkenal dengan mirasnya, kini sudah berubah total,” jelasnya. (ton)

Baca juga:  BKSDA Tutup Celah Perburuan Liar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya