alexametrics

Warga Miskin Masih Tinggi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Jumlah warga miskin di Kabupaten Magelang dinilai cukup tinggi, mencapai 10,6 persen dari jumlah penduduk. Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana prihatin karena tingkat kemakmuran Kabupaten Magelang berada di urutan 20 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Sebanyak 10,6 persen ini adalah masyarakat yang sangat miskin. Sementara masyarakat yang berpenghasilan rendah di Kabupaten Magelang itu masih sekitar 40,6 persen. Itu yang tercatat di Basis Data Terpadu (BDT),” tegas Edi saat acara Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Magelang tahun 2021, di Pendopo Soepardi, Kota Mungkid, Kamis (16/1).

Edi menegaskan, angka kemiskinan di Kabupaten Magelang sebetulnya bisa diatasi secara menyeluruh dengan melihat banyaknya potensi yang ada, seperti sumber daya alam, potensi pariwisata, dan potensi pertanian. “Potensi ini apabila dikelola dengan baik, tentu akan berdampak besar pada kesejahteraan masyarakat. Apalagi Magelang saat ini sudah ditetapkan sebagai kawasan super prioritas pembangunan pariwisata dari pemerintah pusat. Jelas kesejahteraan akan meningkat,” urainya.

Baca juga:  Gerakan Jateng di Rumah Saja Momentum untuk Menata Pasar

Skala prioritas pembangunan SDM di Kabupaten Magelang saat ini yaitu bidang pendidikan formal dan no formal serta pelayanan kesehatan. Untuk itu, Edi berharap, program pembangunan SDM selaras dengan program-program pengentasan kemiskinan yang dilandasi dengan BDT.

Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto memaparkan, konsultasi publik bertujuan untuk mendapatkan saran serta masukan dan harapan dari seluruh stakeholder, untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2021. Terlebih, fokus pembangunan Kabupaten Magelang tahun 2021 meliputi peningkatan keterjangkauan dan pemerataan pendidikan, meningkatkan layanan air minum dan sanitasi, meningkatkan sarana dan prasarana pertanian, dan meningkatkan layanan kesehatan. (had/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya