Zat Besi Berlebih, Sebabkan Kolesterol

247

PEMALANG – RADARSEMARANG.ID – Menyambut HUT Ke- 74 TNI dan HUT Ke- 69 Kodam IV/Diponegoro Tahun 2019, Kodim 0711/Pemalang bekerja sama dengan PMI Cab Pemalang menggelar kegiatan bakti sosial donor darah, bertempat di Aula setempat. Sejumlah pendonor mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah ini, diantaranya dari anggota dari Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, Persit KCK Cab. XXI Kodim 0711/Pemalang, Perwakilan ibu Jalasenastri Lanal Tegal dan masyarakat umum, pada Kamis (19/9/2019).
Pada kesempatan tersebut, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan didampingi ibu ketua Persit Kodim Pemalang Linda Irvan Christian Tarigan juga ikut donor darah.
Kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kepedulian sosial dan saling membantu antar sesama manusia, selain itu manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh.
“Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol,” seru Dandim 0711.
Yang mana hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.
Untuk mengurangi dampak tersebut, bisa dilakukan melalui donor darah. Sehingga kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil. Dan pastinya, bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.
“Karena ini bermakna kesehatan dan sosial, saya harapkan bisa terus dilakukan secara berkelanjutan,” harapnya.
Hal ini juga,menurut Irvan, dilakukan untuk mencukupi ketersediaan stok darah di PMI Cab Pemalang agar memudahkan masyarakat yang membutuhkan.
Adapun untuk kegiatan kali ini ada sebanyak 150 pendonor, sedangkan yang tidak dapat diambil darahnya 21 orang. (han)