Salut dengan Potensi Pemalang

193

PEMALANG – RADARSEMARANG.ID – SEJAK pindah tugas di Kabupaten Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Dharmaman langsung meyakini bahwa daerah ini memiliki potensi yang luar biasa. Dari sumber daya alam, hingga budaya nya, yang daerah yang sering disebut Puser nya Jawa ini, ada potensi berkembang pesat di masa akan datang.
“Pemalang identik dengan potensi alamnya yang bagus, sebut saja Nanas, kue Khamir nasi Grombyang dan tentu saja kebudayaanya” ucapnya saat ditemui di Mapolres Pemalang, Kamis (19/9/2019).
Namun, yang paling disorot oleh Kapolres adalah potensi alamnya yang cukup melimpah ruah. Apabila potensi tersebut bisa digarap maksimal maka bisa membawa Pemalang ke level ekonomi yang lebih baik, minimal di Jawa Tengah.
Seperti Nanas Madu sebutnya, sudah cukup dikenal masyarakat hampir di seluruh Indonesia. Bisa dibuktikan sendiri, hampir seluruh daerah di Indonesia, banyak penjual Nanas Madu Pemalang.
Terlebih kini, nanas asli Pemalang semakin dikembangkan lebih luas lahan nya. Dari sebelumnya hanya 500 hektar kebun nanas, kini dikembangkan lebih luas lagi. Dengan didukung iklim yang bagus, hasilnya juga bagus.
“Buah bahan asal Pemalang dikenal manis, karena daerah dan suhu nya telat. Tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin,” jelasnya.
Kris, juga sering terjun langsung di lapangan. Membuktikan sendiri, seperti nanas Pemalang sendiri ternyata tidak hanya sekedar dikonsumsi dalam bentuk buah aja produk turunannya pun sudah banyak, dari sekedar minuman sampai jadi shampo.
Selain di bidang pertanian maupun potensi alamnya di mata seseorang Kris Pemalang juga memiliki budaya yang cukup bagus.
Masyarakatnya yang cukup agamis karena hampir 95% warganya memeluk Agama Islam dan taat, sehingga dia juga merasa selama ini di Pemalang tidak ada kejadian atau kejahatan yang menonjol akibat dari ulah warganya.
“Pemalang kalaupun ada kejahatan atau kejadian kriminal yang menonjol mereka pelakunya adalah orang luar atau lintas, bukan warga Pemalang sendiri,” ucapnya.
Potensi keragaman budaya juga cukup potensial jika bisa digarap dengan baik. Selain didukung infrastruktur yang tepat. Berbagai macam budaya yang ada, bisa menjadi agenda menarik bagi wisatawan.
Hal tersebut sudah dibuktikan dengan event Festival Wong Gunung, beberapa wkaru kemarin. Ternyata peminatnya cukup luar biasa, tidak hanya wisatawan lokal saja wisatawan asing pun tertarik untuk menghadiri acara-acara kebudayaan di Pemalang.
Kris meyakini Pemalang bagus potensinya dari berbagai sisi sudah menarik sejak lama. Sebagai pihak yang menjaga keamanan, Polres Pemalang akan terus mendorong pemerintah agar terus memperbaiki infrastruktur masyarakatnya. Agar masyarakat dalam ekonomi bisa meningkat. “Kejahatan itu adalah bayangan dari kemampuan ekonomi warganya jika. jika selama itu ekonomi suatu daerah mapan maka kejahatan diyakini akan semakin minim,” tandasnya. (han)