alexametrics

Dihuni 1.670 Napi, Lapas Kedungpane Overload

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Lapas Kedungpane kembali memberikan asimilasi kepada 56 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) mulai rabu (6/7). Menyusul adanya perpanjangan asimilasi Covid-19.

Kepala Lapas Semarang Tri Saptono Sambudji menjelaskan, pembebasan bersyarat dengan menjalani asimilasi di rumah diberikan kepada napi kasus tindak pidana umum dan napi tindak pidana narkotika. Dengan ketentuan masa hukumannya di bawah lima tahun dan telah memenuhi persyaratan substantif dan administratif lainnya.

“Mereka telah menunjukkan berkelakuan baik, telah mengikuti program pembinaan dengan baik, telah menjalani setengah dari masa pidana dan perhitungan tinggal dua pertiga dari masa pidananya sampai 31 Desember 2022,” katanya.

Dia tegaskan, asimilasi tidak diberikan kepada napi yang bukan residivis, tidak dipidana lebih dari satu perkara, bukan kasus narkoba di atas lima tahun, korupsi, terorisme, pembunuhan, perampokan, kesusilaan, kejahatan terhadap keamanan negara, serta kejahatan hak asasi manusia.

Baca juga:  Rem Blong, Isuzu Panther Terjun ke Jurang di Tanjakan Sigar Bencah

“Hingga hari ini, Lapas Kedungpane telah memberikan asimilasi kepada 189 napi. Kendati demikian, jumlah napi masih saja overload. Per Rabu (6/7) masih ada 1.670 napi yang mendekam di Lapas Semarang ini,” tandasnya.

Kalapas menambahkan, meskipun sudah memperoleh asimilasi rumah, napi tetap memiliki kewajiban absensi rutin ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) setempat.

Salah satu napi yang mendapatkan program asimilasi, Nuswan menyampaikan rasa syukur. Ia bersama napi lainnya langsung bersujud setelah diperbolehkan keluar. Mereka bergegas menemui keluarga yang sudah menjemput untuk melepas rindu. “Alhamdulillah, sekarang sudah bisa berkumpul dengan keluarga,” ungkap Nuswan terpidana karena pelanggaran lalu lintas 1 tahun 10 bulan tersebut. (ifa/ida)

Baca juga:  Tekan Angka DB, Pemkot Gelar Kerja Bakti Masal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya