alexametrics

Eks Direktur PD Aneka Usaha Temanggung Dituntut 21 Bulan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Eks Direktur PD Aneka Usaha Temanggung M Zakiya dituntut 1 tahun, 9 bulan. Dengan perintah tetap ditahan.

Tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum Kejari Temanggung Adi Wiratmoko dalam sidang di di Pengadilan Tipikor Semarang.  Terdakwa Muhammad Zakiya terbukti bersalah melakukan korupsi. “Atas menyebut perbuatannya, terdakwa patut diganjar 1 tahun dan 9 bulan dengan perintah tetap ditahan,” katanya.

Selain itu, terdakwa harus membayar denda Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara.  Membayar Uang Pengganti (UP) Rp 126 juta. Jika dalam satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap tidak mampu membayar, maka harta benda dapat disita. “Apabila tidak cukup, maka dipenjara selama 11 bulan,” tambahnya.

Pertimbangan yang memberatkan karena perbuatan terdakwa telah merugikan negara sebanyak Rp 476 juta. Sedangkan pertimbangan meringankan karena masih punya tanggungan keluarga, serta telah mengembalikan uang Rp 350 juta. “Uang tersebut yang telah dititipkan di rekening Kejari Temanggung akan dikembalikan pada Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Temanggung,” tambahnya.

Baca juga:  Tujuh Dusun di Temanggung Krisis Air Bersih

Eks Direktur PD Aneka Usaha Temanggung Mohammad Zakiya menggunakan keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk kepentingan pribadi. Tanpa sepengetahuan dewan pengawas.  Setelah diaudit Inspektorat Kabupaten Temanggung, diketahui penyalahgunaan dana terjadi sejak 2018 – 2021. (ifa/fth) 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya