alexametrics

Calon Peserta Lelang Diberi Kesempatan Lihat Kondisi Barang Rampasan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebelum membeli barang rampasan negara (basan) yang dilelang Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang, para calon pembeli melakukan aanwijzing. Hal ini dilakukan sebagai bentuk teliti sebelum membeli.

Kegiatan ini dilakukan di lokasi disimpannya barang rampasan negara tersebut, yakni di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Semarang.

Plt Karupbasan Semarang Mei Kartini mengatakan, calon peserta lelang melihat kondisi barang sebelum nantinya mereka mendaftar lelang.

“Ada 33 calon peserta lelang. Mereka belum melakukan pembayaran uang muka. Karena takut kecewa kalau hanya lewat foto, makanya lihat barangnya dulu di Rupbasan Semarang,” katanya pada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (6/4).

Anwizing tersebut juga dihadiri Kejaksaan Negeri dan Dinas Perhubungan Kota Semarang. Adapun basan yang akan dilelang sejumlah 10 kendaraan bermotor. Sementara, data per Rabu (6/4) mobil sebanyak 18 unit, sepeda motor sebanyak 154 unit, kayu sebanyak 498 batang, BBM ada 1.500 liter, dan lain-lain ada 574 unit atau buah.

Baca juga:  Bocah 8 Tahun di Semarang Tewas, Diduga Dicabuli Ayah Kandung

Dengan adanya lelang ini, kata Mei, maka barang titipan di Rupbasan Semarang berkurang.  Selain itu, bentuk eksekusi ini sangat bagus karena nilai ekonomi yang disetorkan ke negara besar karena barangnya masih bagus.

Otomastis harganya masih tinggi. Sebaliknya, jika terlalu lama tidak di lelang atau di ekseskusi, praktis bakal menurunkan nilai ekonomi karena kondisi barangnya semakin menyusut.

“Harapan saya ya sesuai dengan keputusan pengadilan, jika barang rampasan negara harus di lelang ya segera diesksekusi mumpung kondisinya belum terlalu buruk,” harapnya. (ifa/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya