alexametrics

20 Napi dapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Peringatan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis (3/3) menjadi berkah bagi para narapidana (napi). Sama seperti peringatan hari besar keagamaan lainnya, Remisi Khusus ini diberikan kepada 20 napi penganut agama Hindu.

Plt Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng Supriyanto menyebutkan, tahun ini di Jateng ada 20 napi yang mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Nyepi. Dari jumlah tersebut, 17 orang merupakan terpidana kasus narkotika, sementara 3 orang lainnya merupakan kasus pidana umum.

Besaran remisi yang diberikan juga sama seperti Remisi Khusus lainnya, yaitu antara 15 hari sampai 2 bulan. “Remisi Khusus 1 bulan diberikan kepada 11 napi, 4 orang mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari, dan 5 orang lainnya mendapatkan remisi 2 bulan,” katanya Rabu (2/3).

Baca juga:  Semarang Ibu Kota Provinsi Pertama di Jawa-Bali dengan Status PPKM Level 2

Ia menambahkan, dari 46 Lapas dan Rutan yang ada di Jateng, hanya 6 Lapas dan Rutan yang napinya memenuhi syarat untuk diberikan remisi. Yaitu Lapas Kelas I Semarang, Lapas Kelas II A Besi Nusakambangan, Lapas Kelas II A Kembang Kuning Nusakambangan, Lapas Kelas II A Permisan Nusakambangan, Lapas Kelas II A Sragen, dan Lapas Kelas II B Brebes.

Dampak dari pemberian remisi adalah penghematan anggaran. Secara otomatis, anggaran negara yang biasanya dikeluarkan untuk biaya makan napi akan berkurang. “Untuk Remisi Khusus Hari Raya Nyepi tahun 2022, anggaran yang bisa dihemat sebesar Rp 15.390.000,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng A Yuspahruddin menegaskan, pemberian remisi adalah hak semua napi. Semua napi yang telah memenuhi syarat berhak mendapatkan remisi, baik Remisi Umum yang biasanya diberikan pada peringatan Hari Kemerdekaan atau Remisi Khusus yang diberikan pada peringatan Hari Besar Keagamaan. “Ya termasuk bagi penganut agama Hindu. Mereka diberikan remisi pada peringatan Hari Raya Nyepi ini,” ujarnya.

Baca juga:  Taruna Politeknik Pelayaran Semarang yang Pukul Juniornya hingga Tewas Terancam Lima Tahun Penjara

Tujuan pemberian remisi, katanya, bukan sekedar pengurangan masa tahanan, tapi bentuk apresiasi kepada napi yang telah berhasil menjalani masa pidana dan program pembinaan dengan baik, sekaligus motivasi bagi napi untuk selalu kooperatif dan berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. Adapun penyerahan remisi akan dilakukan Kamis (3/3). (ifa/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya