alexametrics

Dua Warga Negara Iran Mantan Napi Lapas Magelang Dideportasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Iran dikembalikan ke negaranya. Adalah Farshad Heidarimoghadanm, 29, dan Reza Pous, 28.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang Retno Mumpuni menjelaskan, dua deteni tersebut telah melakukan pelanggaran Pasal 363 ayat (1) KUHP tentang pencurian. Mereka dihukum pidana di Lapas Kelas IIA Magelang selama 8 bulan.

“Yang bersangkutan pindahan dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo dan masuk di Rumah Detensi Imigrasi Semarang pada 1 November 2021,” katanya Rabu (19/1).

Pendeportasian dua deteni ini dilakukan pada Selasa (18/1) dari Rudenim Semarang menuju Bandara Ahmad Yani (SRG). Selanjutnya melakukan penerbangan dengan Lion Air JT-505 tujuan Jakarta (CGK).

Baca juga:  WNA Overstay Bebas Biaya Denda

Kemudian boarding dari Jakarta (CGK)-Doha (DOH) Rabu (19/1) pukul 00.25 dan transit Doha (DOH)-Teheran (IKA) tiba pukul 11.00 dengan menggunakan Qatar Airways. “Yang bersangkutan selanjutnya dimasukkan ke dalam daftar Usul Penangkalan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi,” tambahnya.

Sebelum dipulangkan ke negara asalnya, kedua deteni menjalani swab PCR sebagai salah satu syarat perjalanan udara menuju Teheran (Iran). Mereka bertemu dengan pihak perwakilan Kedutaan Besar Iran guna penerbitan Dokumen Perjalanan.

Dalam pelaksanaan deportasi ini deteni dikawal oleh dua orang petugas dari Rumah Detensi Imigrasi Semarang hingga yang bersangkutan boarding melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Saat ini deteni di Rudenim Semarang masih terdapat tujuh orang. Mereka berasal dari Taiwan dua orang, Nigeria dua orang, Myanmar satu orang, China dua orang, dan Pantai Gading satu orang. (ifa/ida) 

Baca juga:  Empat WNA Dideportasi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya