alexametrics

Cegah Penyelundupan Narkoba, Lapas Kedungpane Tambah Enam CCTV

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Semarang telah menambah enam kamera CCTV. Alat pengintai tersebut dipasang untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Kami menambah lagi enam kamera CCTV pada tembok belakang Lapas yang bersampingan dengan lahan kosong milik warga sekitar,” ujar Kalapas Semarang, Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (7/10/2021) kemarin.

Penambahan alat ini dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan terutama pada tembok terluar lapas atau beranggang. Pemasangan CCTV ini juga dimaksudkan agar petugas dapat mengontrol secara berkala situasi di setiap lingkungan wilayah Lapas.

“Hal ini sangat penting untuk membantu deteksi dini gangguan keamanan serta membantu petugas dalam melakukan pengawasan secara optimal,” tegasnya.

Baca juga:  Koruptor Bantuan Covid-19 untuk TPQ-Madin Divonis 65 Bulan Penjara

Diakuinya, selain gangguan di dalam Lapas, antisipasi juga untuk mencegah adanya gangguan dari luar Lapas. Salah satunya adalah maraknya pelemparan bungkusan berisi narkoba dari luar Lapas yang dilakukan oleh orang tak dikenal.

“Lapas Semarang rawan adanya penyelundupan barang terlarang seperti telepon genggam dan barang haram narkoba. Akhir-akhir ini, masih sering terjadi upaya penyelundupan narkoba dengan cara melempar melalui tembok luar lapas,” bebernya.

Setidaknya, selama tanggal 4 September hingga 5 Oktober tahun 2021 Lapas Semarang mencatat lima kali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan obat-obatan terlarang. Jumlah barang bukti narkoba dengan total 163,3 sabu-sabu dan 295 butir pil koplo.

Lanjutnya mengatakan, selain menggunakan CCTV, juga adanya pengawasan petugas dari atas tembok dilengkapi dengan senjata laras panjang. Bahkan akan terus menekan angka pelanggaran yang terjadi Lapas dan akan terus melakukan penambahan pemasangan kamera pengintai.

Baca juga:  Jelang Ramadan, Harga Sembako Mulai Merangkak Naik

“Sebab, masih ada beberapa titik yang belum terpantau. Sementara di Lapas Semarang sudah terpasang 54 kamera pengintai yang tersebar di berbagai sudut Lapas,” jelasnya. (mha/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya