alexametrics


Antisipasi Kebakaran, Lapas Kedungpane Siapkan Apar di Setiap Blok dan Cek Instalasi Listrik

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Lapas kelas I Semarang atau Lapas kedungpane menyiapkan alat pemadam kebakaran (apar) guna antisipasi kebakaran. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kejadian kebakaran yang terjadi di Lapas Tangerang, Banten beberapa waktu lalu.

“Yang sebelumnya belum kita siapkan apar di tiap blok, kita siapkan,” terang Kepala Lapas I Semarang Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (9/9/2021).

Selain itu, Lapas Kedungpane dibantu PLN menyisir seluruh sudut ruang guna mengecek instalasi listrik. Mereka memastikan tidak terdapat aliran listrik yang ilegal. Pihaknya juga membentuk lima tim, khusus menyikapi kebakaran di Lapas Tangerang agar tidak terjadi di sana.

Ia pun menyosialisasikan kepada seluruh warga binaan agar mendukung tindakan ini. “Jadi, kabel-kabel ilegal kita bersihkan secara keseluruhan,” terangnya.

Supriyanto juga menjelaskan dalam waktu dekat akan mengganti instalasi listrik secara keseluruhan. Mengingat sejak beroperasi tahun 1993, perbaikan listrik hanya bersifat tambal sulam.

“Maka dari itu, akan kita perbaiki keseluruhan. Mudah-mudahan kita dapat anggaran yang terpenuhi,” tuturnya.

Dari hasil pengecekan, sambungan listrik ilegal hanya terjadi di beberapa blok yang memiliki kolam ikan koi. Ada sekitar lima kolam. Mereka menyalurkan daya untuk memutar sirkulasi air dari saluran lampu.

Supriyanto yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) telah memberi dua instruksi khusus kepada seluruh UPT Lembaga Pemasyarakatan di Jawa Tengah.

Pertama, melakukan koordinasi dengan PLN guna mengecek seluruh instalasi listrik. Kedua, menyiapkan jalur evakuasi dan apar (alat pemadam kebakaran) sebagai langkah antisipasi.“Suratnya sudah beredar sejak tanggal 8 kemarin,”  jelasnya. (cr9/bis/bas)

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya