alexametrics

Usai Bebas, Tiga WNA Segera Dideportasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Usai bebas menjalani masa tahanan, tiga deteni asal Taiwan, China dan Peru dititipkan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang. Dari tiga orang deteni tersebut, satu di antaranya merupakan pindahan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, dan dua orang deteni lainnya dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap.

Kepala Rudenim Semarang Retno Mumpuni menjelaskan, deteni tersebut telah dilakukan tindakan administratif keimigrasian berupa pendetensian serta pendataan dan pengambilan sidik jari.

“Selanjutnya kami akan melakukan koordinasi dengan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) masing-masing deteni untuk proses pemulangan atau deportasi yang bersangkutan,” ujarnya, Minggu (22/8/2021).

Retno, sapaan akrabnya memaparkan, Zhou Liping merupakan deteni asal China. Ia merupakan mantan narapidana Lapas Kelas IIA Ambarawa yang telah menjalani masa hukuman selama 12 tahun. Ia dinyatakan bebas pada Sabtu (14/8/2021) lalu atas tindak pidana Kesehatan pasal 196 UU RI nomor 36/2009.

Baca juga:  Tiga CPNS Kota Semarang Pilih Mundur

Selanjutnya, satu orang deteni Xu Zhen Yu pindahan dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. WNA Taiwan ini sebelumnya menjadi warga binaan Lapas Klas IA Permisan karena telah melakukan tindak pidana kesehatan pasal 197 UU RI nomor 38 tahun 2009. Ia dihukum selama 10 tahun dan dinyatakan bebas pada Senin (2/8/2021).

Terakhir, satu orang deteni asal Peru, Jose Wiliam Salazar Ortiz pindahan dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. Ia bebas pada Selasa (17/8/2021) dari Lapas Klas IIA Besi Nusakambangan. Atas perbuatan tindak pidana pencurian pasal 363 KUHP, ia harus menjalani masa pidana selama enam tahun.

Dengan bertambahnya tiga deteni tersebut, saat ini deteni pada Rudenim Semarang sebanyak 14 orang. Mereka berasal dari Peru 1 orang, China 1 orang, Pantai Gading 2 orang, Myanmar 2 orang, Aljazair 1 orang, Taiwan 3 orang, Lesotho 1 orang, dan Nigeria 3 orang. (ifa/ida)  

Baca juga:  Ratusan Anggota GMBI yang Rusuh di Jabar Digiring ke Mapolda Jateng

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya