alexametrics

Tanam Ganja di dalam Rumah, Warga Ungaran Timur Dibekuk

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dua pria warga Kabupaten Semarang ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Semarang terkait peredaran ganja. Kedua tersangka, Erik John Michael K, 36, warga Kelurahan Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang; dan  Moch Taher Agus Prasetyo, 31, sarjana S1 warga Kelurahan Gedanganak, yang tinggal di Desa Sruwen, Kelurahan Bergas, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti satu kilogram daun ganja kering  hasil menanam sendiri.

“Berdasarkan keterangan tersangka, barang bukti ganja yang diamankan berasal dari biji ganja yang diperoleh dari salah satu tersangka yang juga telah kita amankan. Biji ganja diperoleh pada saat mereka mengonsumsi ganja bersama,” ungkap Waka Polrestabes Semarang AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Rabu (18/8/2021).

Baca juga:  Test Drive, Motor malah Dibawa Kabur

IGA membeberkan, pengungkapan kasus ini berawal saat anggotanya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya transaksi narkoba di sekitaran SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan  Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Jumat (13/8/2021) sekitar pukul 16.40. Selanjutnya, petugas melakukan pemantauan, dan mencurigai pria yang diduga akan melakukan transaksi.

“Setelah kita amankan. Kita lakukan penggeledahan barang bawaannya. Ditemukan satu bungkus kertas ukuran sedang yang di dalamnya terdapat potongan daun ganja warna hijau seberat 100 gram. Ada juga batang dan biji tanaman jenis ganja, dan satu buah wadah bedak La Tulipe yang di dalamnya terdapat potongan daun ganja,” bebernya.

Hasil pemeriksaan, tersangka Michael mengakui biasanya menggunakan ganja bersama temannya, Moch Taher Agus P.  “Dan tersangka ini mengetahui di rumah temannya itu terdapat tanaman ganja di pot,” jelasnya.

Baca juga:  6.870.960 Rokok Ilegal Senilai Rp7,03 Miliar Dimusnahkan

Petugas pun langsung menuju rumah tersangka Moch Taher Agus P. Lulusan S1 itu berhasil ditangkap tanpa perlawanan selang satu hari, Sabtu (14/8/2021) sekitar pukul 00.30. “Hasilnya ditemukan barang bukti tiga batang pohon ganja beserta potnya. Juga satu plastik warna hitam berisi biji ganja,” terangnya.

Moch Taher Agus P mengaku menanam ganja dilakukan hanya coba-coba. Pohon tersebut juga belum sempat dipanen. Ia berdalih ganja itu hanya untuk dikonsumsi sendiri.  “Coba-coba tanam ternyata tumbuh. Ini nggak dijual, buat sendiri,” akunya. (mha/aro)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya