alexametrics


Ratusan Preman di Semarang Diciduk

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 281 orang terjaring razia premanisme yang dilakukan Polrestabes Semarang Sabtu (12/6/2021). Selain itu, turut diamankan uang tunai sebanyak Rp 1,840 juta yang diduga pungutan liar (pungli).

Ratusan orang yang terjaring razia premanisme dikumpulkan di lapangan Polrestabes Semarang. Mereka juga diarahkan menjaga jarak termasuk mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker. Selain itu, mereka juga mendapat pembagian masker dari anggota Sat Binmas Polrestabes Semarang.

“Yang kaitannya ada pelanggaran hukum, seperti pungutan liar tukang parkir, kita tetap akan proses secara hukum. Yang tidak ada kaitannya dengan pelanggaran hukum kita lepas,” ungkap Kabag Ops Polrestabes Semarang AKBP Albertus Recky Roberto di Mapolrestabes Semarang Sabtu (12/6/2021).

Razia premanisme ini digelar Polrestabes Semarang dan jajaran Polsek mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00. Berbagai sarana yang digunakan mereka juga turut diamankan sebagai barang bukti. Antara lain, bendera pengatur lantas, papan stop, peluit termasuk alat musik gitar kecil milik pengamen.

Kegiatan ini menyusul adanya instruksi dari Presiden RI Joko Widodo ke kapolri dan langsung diperintahkan ke jajaran Polda, termasuk Polda Jawa Tengah, yang kemudian ditindaklanjuti Polrestabes Semarang. Instruksi tersebut, supaya kepolisian menindak tegas terhadap para preman yang melakukan pemalakan.

Menanggapi adanya sejumlah orang yang terjaring dan mengenakan kaos atribut organisasi kemasyarakatan (ormas), Recky akan melakukan kroscek dengan pihak ormas yang berkaitan. “Apakah mereka betul dari keanggotaan ormas atau mereka hanya menggunakan baju ormas untuk simbol dari mereka. Nanti kita kroscek, kita pendalaman terhadap mereka, kita kembangkan juga,” jelasnya. (mha/ton)

 

Terbaru

Fadia Baca Semua Aduan Warga

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Populer

Lainnya