alexametrics

Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Disita

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan ratusan bal rokok ilegal. Barang tidak sah ini ditemukan di kediaman SB warga RT 006 RW 003 Dusun Cumpleng, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan Rabu (19/5/2021). Petugas gabungan mengendus kegiatan mencurigakan yang diduga pengangkutan rokok ilegal menggunakan mobil Avanza dengan Nopol K 1247 YP.

Kepala KPPBC TMP A Semarang Sucipto mengatakan keberhasilan penindakan rokok ilegal merupakan sebuah prestasi pertama setelah Lebaran. “Aksi tersebut dilakukan melalui pengiriman rokok illegal dengan menggunakan sarana pengangkut berupa mobil minibus Avanza,” katanya Jumat (21/5/2021).

Sucipto mengaku, tim segera melakukan pengamatan terhadap target dengan ciri-ciri sesuai informasi. Sehingga tepat pukul 11.00 WIB didapati terdapat kegiatan pemuatan karton warna coklat oleh dua orang laki-laki ke dalam mobil. Karton tersebut diduga berisi rokok ilegal. “Kemudian tim memperkenalkan diri dari Bea dan Cukai dan meminta izin untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang yang dimuat,” tambahnya.

Baca juga:  Empat Sapi di Gunungpati Semarang Terpapar PMK

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang disaksikan oleh tersangka, petugas mendapati paket kiriman berupa 608.000 batang rokok merk Bold tanpa dilekati pita cukai. Nilai barang hasil penindakan tersebut diperkirakan sebesar Rp 620.160.000.“Sehingga potensi kerugian negara yang berhasil diamankan mencapai Rp 407.554.560 yang terdiri dari Cukai dan Pajak Rokok,” imbuhnya. (hid/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya