Dua Pembobol Rumah Dibekuk

180
Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono meminta keterangan dua tersangka pembobol rumah warga Glawan, Pabelan. (Maria Novena/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Dua pembobol rumah berhasil dibekuk. Terakhir beraksi di rumah Agus Supriyanto, 45, di Dusun Semare, Pabelan. Pelaku berhasil membawa laptop dan HP.

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengungkapkan, pelaku bernama Sudarmono, 27, warga Desa Plumbon, Kecamatan Suruh dan Muhammad Arifin, 36, warga Desa Pakis, Kecamatan Bringin.

Kejadian bermula sekitar pukul 07.00, korban bersama istrinya pergi ke kebun, di rumah saat itu tinggal kedua anak perempuannya. Namun sekitar pukul 09.00 kedua anaknya pergi ke rumah neneknya. Sekitar pukul 10.00 istri korban pulang dari kebun melihat pintu belakang dan dapur sudah terbuka. Setelah mengecek seluruh isi rumah ternyata laptop dan HP yang disimpan dalam lemari hilang.

Mereka menggunakan motor Jupiter Z saat beraksi. Modusnya pelaku berkeliling, mencari sasaran rumah yang tengah ditinggal pemiliknya. Dan mempelajari situasinya. “Pasti sudah mengerti kodisi di sana dan sepinya jam berapa,” ungkapnya Selasa (15/9/2020).

Tersangka Arifin menunggu di pinggir jalan, sedangkan tersangka Sudarmono yang membobol rumah.

Petugas mengamankan barang bukti satu unit laptop merek Lenovo dan sati unit handphone (HP) Xiomi Redmi Note.

Atas kejahatan curat tersebut kedua tersangka dijerat Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP atau Pasal 363 ayat (1) ke-5 KHUP dengan ancaman hukuman maksimal 9 bulan penjara. (ria/zal/bas)