Warga Genuk Tak Sabar Jalan Bareng Hendi-Ita

361
SIAP DIGEBER : Panggung utama Roadshow Lomba Kampung Hebat putaran keempat di Taman Bangetayu Kelurahan Bangetayu Wetan siap digunakan untuk menghibur warga Minggu (23/2) pagi ini. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP DIGEBER : Panggung utama Roadshow Lomba Kampung Hebat putaran keempat di Taman Bangetayu Kelurahan Bangetayu Wetan siap digunakan untuk menghibur warga Minggu (23/2) pagi ini. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG — Minggu (23/2) pagi ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu dijadwalkan akan dating ke Taman Bangetayu Jalan Wolter Monginsidi Kelurahan Bangetayu Wetan Kecamatan Genuk. Duet pemimpin Kota Semarang ini akan mengikuti senam dan jalan santai bersama ribuan warga Genuk dalam acara Roadshow putaran keempat Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Warga juga sudah tak sabar untuk bisa bertemu keduanya.

Sulistiyono, warga Kelurahan Bangetayu Wetan, mengaku sangat antusias ikut dalam senam massal dan jalan sehat yang akan dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu.

“Kemarin sudah mendapat kabar dari kelurahan, kebetulan warga RW 7 masuk penjurian tahap kedua. Kami siap meramaikan jalan sehat bersama Pak Hendi dan Mbak Ita,” katanya saat ditemui ketika jalan-jalan di Taman Banget Ayu.

Ketua Panitia Lomba Kampung Hebat Sugiyanto Wiyono mengatakan, roadshow keempat ini dipastikan tidak kalah meriah dengan roadshow sebelumnya. Apalagi pihak kecamatan siap mengerahkan 5 ribu warganya untuk meramaikan acara.

“Ali Muhtar, Camat Genuk menyambut antusias. Juga para lurah yang siap menggerakkan warganya untuk ikut jalan sehat dan senam massal,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bang Rhoma ini menjelaskan, acara dipastikan akan meriah karena akan banjir hadiah, hiburan musik dangdut, dan bazar UMKM, deklarasi Semarang Wegah Nyampah. “Kita juga mendapat bantuan dari Dinas Pertanian berupa bibit tanaman, yang akan ditanam di sekitar taman,” tambahnya.

Roadshow ini merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung Lomba Kampung Hebat yang digelar Jawa Pos Radar Semarang Bersama Pemkot Semarang. Acara ini didukung oleh BNI, Bank Jateng, Dewangga Lil Hajj Wal Umroh, Sidomuncul, CARfix, JNE, Global Elektronik, Nasmoco, Alfamart, Telkom, Sirup Fres, Indihome, Modena, dan Coca Cola.

Camat Genuk Ali Muhtar menjelaskan, berbagai macam UMKM akan ikut memeriahkan acara roadshow. Para wirausahawan yang tergabung dalam Gerakan Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopi dan Mi) Kecamatan Genuk akan menyediakan berbagai macam barang dagangan. “Mungkin nanti kalau ada peserta jalan sehat yang belum sarapan, bisa beli di bazar UMKM dari Gerai Kopi dan Mi,” jelasnya.

Salah satu kegiatan yang juga dilakukan warga Genuk dalam acara ini adalah deklarasi Genuk Wegah Nyampah. Deklarasi akan dilakukan camat, lurah, LPMK, tokoh masyarakat bersama masyarakat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi serupa yang sudah dilakukan tingkat Kota Semarang,”ucapnya.

Lurah Bangetayu Wetan Sugiarti menyatakan, warga di Bangetayu Wetan telah siap untuk mengikuti senam Bersama dan jalan santai bareng Pak Hendi dan Mbak Ita. Khusus peserta dari Kelurahan Bangetayu Wetan, diperkirakan ada sekitar 2.000 warga. “Setiap pada kegiatan serupa di Bangetayu Wetan, jumlah peserta selalu membeludak. Nanti kami juga akan pamerkan potensi UMKM yang ada,” tuturnya.

Seperti diketahui Lomba Kampung Hebat adalah sebuah kompetisi antarkampung yang diwakili lingkup RW (Rukun Warga) yang ditunjuk oleh masing-masing kelurahan di Kota Semarang. Ada empat kategori yang dilombakan. Yaitu Kampung Pintar, Kampung Kreatif dan Inovatif, Kampung Pancasila dan Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. “Kelurahan yang mendapatkan penghargaan terbanyak akan ditetapkan sebagai juara umum dengan gelar Best Awarding Kampung Terhebat,” jelas Sugiyanto.

Tercatat ada 259 kampung dari 177 kelurahan yang mendaftar dalam kegiatan bertajuk Bergerak Bersama untuk Semarang Hebat ini. Saat ini telah ditentukan 33 kelurahan yang masuk ke penilaian tahap II. Pemenang Lomba Kampung Hebat rencananya akan diumumkan pada 2 Mei 2020 saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-473 Kota Semarang. (den/ton)





Tinggalkan Balasan