Kirab Merah Putih 100 Meter Dibentangkan di Kawasan Candi Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Kain merah putih sepanjang 100 meter dibentangkan di Jalan Balaputradewa, kawasan Candi Borobudur Sabtu (13/8) malam. Merah putih diarak ratusan warga dari berbagai elemen. Parade merah putih itu juga diiringi defile seni budaya, orasi kebangsaan, pentas seni, dan kolosal 1000 angklung.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 700 orang itu bertajuk “Tolak Intoleransi dan Radikalisme, Perkuat Nasionalisme untuk Indonesia Jaya”. Selain memperingati HUT ke-77 RI, kegiatan tersebut juga dalam rangka menjaga keamanan dan keutuhan dari gerakan atau paham anti-Pancasila.

“Gerakan intoleransi dan radikalisme harus dibumihanguskan sampai ke akar-akarnya,” kata Koordinator Aksi dari Forum Penggerak Kebangsaan Abbet Nugroho di sela aksinya.

Baca juga:  Pandemi, Launching MPP Tertunda

Ia mengajak masyarakat mewaspadai gerakan yang berlawanan dengan Pancasila yang membaur di kehidupan bermasyarakat. Baik yang datangnya dari dalam maupun luar. “Merah putih harus kita junjung setinggi-tingginya. Tidak boleh ada bendera yang lebih tinggi dari merah putih,” imbuhnya.

Camat Borobudur Subiyanto mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal itu menjadi implementasikan nyata sebagai tugas dan kewajiban dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan. Saat ini tugas kita mengisi kemerdekaan dan menjaga NKRI

Suasana hujan tidak menyurutkan semangat para peserta Parade Merah Putih untuk melakukan kirab merah putih sepanjang 100 meter. Selain itu juga mengibarkan 500 bendera merah putih. (mia/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya