alexametrics

Dua Tahun Vakum, Pekan Olahraga Mahasiswa Kembali Ramaikan UKSW

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar Pekan Olahraga Mahasiswa (POM). Ajang pesta olahraga bagi mahasiswa UKSW ini kembali terlaksana setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Ketua POM UKSW 2022, Yudithia Arga Purba menyebut kegiatan ini kembali diadakan melihat kondisi pandemi Covid-19 di kota Salatiga yang relatif stabil. Diselenggarakan mulai 1 hingga 14 Juli, POM UKSW 2022 mempertandingkan sepuluh cabang olahraga (cabor) yakni Sepakbola, Basket, Futsal, Voli, Badminton, Tenis Meja, Catur, Billiard, Dance, dan E-Sport.

Selain itu juga dipertandingkan traditional games berupa bakiak, tarik tambang, balap karung dan  gobak sodor. Disinggung mengenai apa saja yang berbeda dari gelaran sebelumnya, Arga menyebut kali ini turut dipertandingkan game online baru yakni valorant dari cabor E-Sport.

Baca juga:  Lulusan Kedokteran Universitas Malahayati Masuk Jajaran Terbaik Nasional

Mengusung tema Burn Your Spirit, Show Your Sportivity, Be a Winner, Arga menyebut tema ini mengandung harapan agar setiap peserta yang terlibat dapat menunjukkan semangat bertanding secara positif serta menjunjung tinggi sportivitas.

“Di POM 2022 kami juga memiliki maskot berupa hewan naga yang melambangkan kekuatan. Kekuatan untuk bangkit setelah dua tahun POM vakum karena dampak dari kondisi pandemi. Selain diikuti oleh seluruh mahasiswa dari 14 fakultas di UKSW, POM juga dimeriahkan oleh tim dari Pasca Sarjana UKSW dan UIN Salatiga,” jelasnya.    P

OM UKSW 2022 dibuka secara resmi di lapangan Sepakbola UKSW. Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Kelembagaan dan Internasionalisasi Joseph Ernest Mambu, Ph.D., didampingi Ketua Umum SMU UKSW Ivander Carl Pratama Manullang hadir sekaligus membuka acara.

Baca juga:  Kualitas Bagus, Harga Tetap Rendah

Menurut Joseph, POM menjadi sarana untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga. Dirinya menambahkan mahasiswa sebagai manusia yang utuh tidak hanya mengasah otak saja tetapi juga perlu mengasah kemampuan gerak badan. Hal ini juga merupakan prinsip Whole Person Education dimana UKSW adalah salah satu penggagasnya.

“Kegiatan ini merupakan wadah bagi rekan-rekan mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang olahraga. Terimakasih atas partisipasi dari seluruh mahasiswa tidak hanya di jenjang diploma dan sarjana, namun jenjang magister pun mau terlibat. Semoga POM dapat memasyarakatkan olahraga di lingkungan UKSW,” tegasnya.

Usai opening ceremony seluruh panitia serta kontingen tiap fakultas mengikuti arak-arakan keliling kampus UKSW. Kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan Traditional Games, Voli, Billiard, E-Sport PUBG, serta Basket. (sas/bas)

Baca juga:  Sejarah Hari PMI dan Sepak Terjang PMI di Indonesia

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya