alexametrics

Mengenal Istilah FOMO dan Tanda Kalian Mengalaminya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar atau bahkan mengalami istilah ini, untuk kalian yang belum mengetahui apa itu FOMO dan ciri-ciri kalian mengalami hal ini yuk cek penjelasan berikut ini.

Fear of Missing Out (FOMO) adalah kecemasan sosial yang lahir dari kemajuan teknologi, informasi, dan meningkatnya kehadiran media sosial. Fear of Missing Out adalah perasaan takut ketinggalan yang diakibatkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan psikologis untuk merasa dekat, tehubung, dan tergabung dengan kebersamaan dengan orang lain yang dianggap penting seperti informasi, tren, dan hal lainnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media sosial.

Saat ini mungkin banyak dari kita sangat bergantung pada gadget dan media sosial pada kehidupan sehari – hari. Penggunaan media sosial dan gadget yang berlebih membuat beberapa individu menjadi ketergantungan dan bahkan tidak bisa lepas dari gadget atau pun media sosial karena merasa cemas tertinggal suatu informasi.

Baca juga:  Kabar Gembira bagi Slankers! ”Konser Spesial Slank bersama Shopee” Siap Menggebrak BSD

Dari hal tersebut akan timbul rasa ketidakpastian yang kamu alami akibat antisipasi yang kamu ciptakan agar tidak merasa tertinggal oleh lingkungan sekitar, tren di media sosial, atau dengan hal-hal yang kamu sukai. Bahkan biasanya kamu mulai membandingkan pengalaman dan pengetahuanmu dengan orang lain atau bahkan membandingkan dengan diri sendiri. Kemungkinan kamu mengalami fenomena FOMO (Fear of Missing Out) atau rasa takut ketinggalan sesuatu.

Berikut ini adalah beberapa tanda kamu mengalami FOMO.

1. Tidak bisa lepas dari media sosial dan gadget

Tidak bisa dipungkiri saat ini kita benar-benar sangat tergantung pada gadget atau media sosial untuk mendukung kegiatan sehari-hari, tetapi banyak dari kita malah mengalami ketergantungan atau kecanduan dengan gadget atau media sosial, sehingga tidak bisa lepas dari hal tersebut. Bahkan akan timbul rasa cemas hingga ketakutan jika kita tidak menggunakannya. Seseorang yang mengalami Fomo akan selalu mengecek ponsel mulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur karena ketakutan tertinggal informasi.

Baca juga:  Pengaturan Baru Bikin Macet

2. Selalu setuju pada setiap ajakan teman

Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu mengatakan “iya” padahal sedang tidak ingin kepada teman atau lawan bicaranya. Hal ini sering terjadi ketika seseorang tidak ingin merasa ketinggalan apapun, sehingga selalu menerima setiap ajakan temannya yang kurang penting.

3. Sangat peduli dengan pendapat orang lain

Munculnya keinginan untuk diakui oleh orang lain membuat seseorang yang mengalami FOMO merasa bahwa pendapat orang lain sangat penting untuk diri mereka. Atau bisa dikatakan orang tersebut haus akan validasi orang lain.

4. Mendokumentasikan semua kegiatan

Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu melakukan dokumentasi pada setiap kegiatan yang mereka lakukan dan merasa harus mempublikasikannya melalui media sosial, agar merasa bahwa dirinya tidak tertinggal dan mengikuti tren yang ada. Hal tersebut berkesinambungan dengan rasa ingin diakui dan rasa ingin semua orang mengetahui kegiatan yang dia lakukan.

Baca juga:  Belajar Materi Struktur Sel Hewan dengan Model Bermain Peran

5. Mudah stress, lelah, dan sulit tidur

Adanya rasa takut dan cemas yang berlebihan terhadap suatu hal tentunya akan berdampak pada fisik dan mental orang tersebut. Tidak dapat dipungkiri rasa cemas dan takut akan menganggu pola tidur dan kehidupan sehari-hari mereka, kurang rasa fokus terhadap pekerjaan atau kebutuhan lain dalam kehidupan akan membuat orang selalu merasa lelah dan stress karena ketakutan yang ditimbulkan dari FOMO.

Apakah kalian merasa mengalami fenomena FOMO ini? Jika iya mulai lakukan gaya hidup sehat, tidak selalu bergantung pada gadget dan media sosial, berinteraksi secara langsung dengan teman terdekatmu, lakukan kegiatan yang produktif, dan fokus serta menghargai diri sendiri. (mg5/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya