alexametrics

Pendidik Handal Raih Prestasi Maksimal

Oleh: Sutriyah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ADA delapan Standar Nasional Pendidikan yang harus dipedomani oleh seorang kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Standar yang keempat adalah Standar pendidik dan tenaga kependidikan.

Tenaga pendidik adalah tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi pendidikan. Artinya, tenaga pendidik ini merupakan seseorang yang bekerja di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi yang kemudian menekuni profesi pendidik (https://www.duniadoesen.com>).

Sedangkan tenaga kependidikan mencakup pegawai administrasi, petugas perpustakaan, petugas laboratorium, dan petugas kebersihan serta penjaga sekolah. Di SDN Candiareng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, selain guru ada operator dan penjaga. Operator melaksanakan tugas administrasi seperti DAPODIK dan yang lain, sedangkan penjaga sekolah melaksanakan tugas kebersihan dan menjaga keamanan sekolah.

Baca juga:  Adukan Dugaan Mafia Pelabuhan ke KPK

Kepala Sekolah adalah manajer di sekolah. Dalam rangka melakukan peran dan fungsinya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga pendidik dan kependidikan melalui kerja sama yang kooperatif, memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah (Hartono,2012).

Saya sudah cukup mengenal karakter tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah tempat saya bertugas. Saya ingin semua program sekolah adalah program unggulan. Program kegiatan akademik maupun nonakademik menjadi prioritas utama. Saya ingin nama SD tempat saya bertugas menjadi harum di masyarakat. Sesuai dengan agenda tahunan di Kabupaten Batang, tahun inipun diadakan lomba pesta siaga. Pelaksanaan lomba pesta siaga di tahun 2022, saya jadikan momen untuk mewujudkan sekolah yang mampu meraih juara I. Walaupun kita tahu bahwa kita tidak perlu menjadi yang terbaik, yang penting setiap hari kita harus berbuat baik.

Baca juga:  IPK Jateng Baik, Modal Tarik Investor

Dengan tekad untuk menjadi sang juara, saya tugaskan kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk berjuang melatih para peserta pesta siaga. SD kami tergolong SD gemuk. Dari 182 peserta didik, para tenaga pendidik dan kependidikan mampu memilih peserta didik perempuan untuk dilatih secara maksimal. Aturan demi aturan, harus diperhatikan secara detail, cermat dan sangat teliti. Tenaga kependidikan menyediakan fasilitas untuk pelaksanaan latihan-latihan tersebut.

Setiap hari, selama tiga minggu, semua peserta pesta siaga berlatih dengan penuh semangat, giat, dan antusias. Tugas-tugas yang diberikan di tiap taman dilakukan dengan penuh kecermatan dan tanggung jawab.

Akhirnya saya selaku kepala sekolah berhasil memotivasi tenaga pendidik dan kependidikan untuk melatih para peserta pesta siaga. Suatu prestasi yang luar biasa berhasil kami raih. Di bawah terik mentari, disaksikan ratusan pasang mata, diumumkanlah bahwa SDN Candiareng juara I tingkat kecamatan pada lomba pesta siaga tahun 2022. Acara berlangsung pada Sabtu, 26 Februari 2022. Piala juara I dan piala bergilir kami boyong ke SD kami dengan penuh rasa bangga dan syukur. Terbayar sudah lelah kami. Inilah wujud dari keberhasilan di standar yang keempat yaitu standar pendidik dan tenaga kependidikan. (bat2/zal)

Baca juga:  Sidak Minimarket, Produk Kedaluwarsa Masih Dijual

Kepala SDN Candiareng, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya