alexametrics

Telkom Regional IV Gandeng iKonser Menjaring Musisi Baru dari Jateng-DIY

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Telkom Regional Jateng-DIY melalui anak perusahaannya Metranet menggandeng iKonser menginisiasi ajang pencarian bakat baru di dunia musik meliputi wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai Januari ini hingga Maret mendatang. Ajang bertajuk “Musik Tanpa Batas: Ajang Pencarian Musisi Baru” dan pendokumentasian skena musik dari Jateng dan DIY ini, untuk mengulang sukses ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Festival 2021’ yang digelar di Kalimantan tahun lalu.

“Event ini kami nantikan. Apalagi Jateng-DIY merupakan sumbernya pemusik,” kata Deputy Executive Vice President Marketing (DEVP) Telkom Regional IV Firmansyah saat preskon secara daring kemarin.

CEO iKonser Channel Ahmad Sobirin yang memiliki ide awal dengan menggandeng Telkom melalui Metranet ini sengaja mengulang sukses ajang serupa di Kalimantan. Pihaknya berhasil menemukan talenta baru dari Borneo. “Meski baru kali pertama digelar, ada 100 lebih peserta yang bersaing ketat. Apalagi di Jateng ini sumbernya pemusik, saya yakin akan jauh lebih besar pesertanya,” katanya.

Diakuinya, iKonser Channel merupakan penyedia teknologi yang dikhususkan bagi industri musik. Sejak pandemi Covid-19, mulai masuk tren teknologi yang digital. “Kita butuh exposure. Ternyata di Telkom Regional VI bagus hasilnya dengan Borneo Jazz Festival. “Kini muncul program musik tanpa batas di Telkom Regional IV agar yang di barat dan timur tak terlalu jauh untuk datang ke Jateng-DIY,” katanya.

iKonser sendiri sudah banyak menayangkan konser maupun intimate konser tiap bulan dengan artis ternama dalam negeri. Termasuk festival besar dengan Prambanan Jazz Festival dan Yogyakarta Festival. Bahkan menyediakan konten menayangkan artis indie. “Tahun ini kami mengadakan aktivasi Musik Tanpa Batas mencari musisi baru di wilayah Jateng-DIY. Kami akan memilih empat pemenang. Musisi baru ini bisa tampil bersama dengan musisi nasional di iKonser Festival,” katanya.

Baca juga:  23,5 Juta Pemudik Diprediksi Bakal Masuk Jateng

Presiden Director Metranet Didik Budi Santoso menegaskan bahwa ini kerjasama antara Telkom Group dan industri musik. “Tanggung jawab ini kami berikan manfaat untuk menyediakan platform digital. Ini kerjasama antara Metranet dan iKonser. Kami ada kerjasama membantu digitalisasi industri musik. Pandemi ini momentum yang pas,” imbuhnya.

Sementara itu, Creative Program Musik Tanpa Batas Agus SH menambahkan, akan ada Rekam Skena juga. Akan menganalisasi dari sisi dokumenter. Mulai dari penulis, filmaker, atau mereka yang terlibat dalam pergerakan musik tapi tak bermusik. Saat ini sudah muncul media alernatif untuk mengabarkan geliat ekosistem masing-masing. “Harapannya dengan Rekam Skena, ada dokumenter musik,” tandasnya. Ajang ini akan memberikan hadiah untuk pemenang sekitar Rp 5 jutaan untuk para pemenang.

Adapun tahapan-tahan aktivasi pencarian bakat musisi baru tersebut adalah sebagai berikut,
– Tahap pertama, band/musisi melakukan registrasi sebagai peserta aktivasi ‘Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena’ di Wilayah Jateng dan DIY melalui website www.ikonser.id dengan cara mengumpulkan data administrasi beserta 2 (dua) karya video live session dan 1 (satu) video greeting dan profile band/musisi pendaftar.
– Tahap kedua, semua video peserta yang lolos seleksi administrasi akan diunggah ke kanal Youtube iKonser oleh tim iKonser Channel secara bertahap. Dari video-video yang telah diunggah tersebut akan diseleksi untuk mencari 20 band/musisi yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Penilaian pada tahap ini adalah berdasarkan viewers YouTube dan penilaian juri independen yang terdiri dari individu-individu yang qualified di bidang musik (15 band/musisi akan ditentukan berdasarkan viewers YouTube, dan 5 band/musisi berdasar penilaian juri)
– Tahap ketiga, 20 (dua puluh) band/musisi yang terpilih pada seleksi babak kedua akan ditayangkan di ikonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. Dari tayangan di channel televisi iKonser tersebut, kemudian akan diseleksi dan
dipilih 10 besar band/musisi yang akan ikut pada babak grand final. Penilaian pada babak ini adalah berdasarkan viewers tertinggi di channel televisi iKonser dan voting tertinggi pada aplikasi iKonser yang saat ini dapat di download di Playstore.
– Tahap keempat: 10 band/musisi yang berhasil lolos sampai Grand Final 10 akan tampil secara offline untuk menentukan empat pemenang yang akan ditentukan langsung oleh beberapa juri yang qualified di bidang musik. Komposisi juri tersebut terdiri dari musisi dan pihak iKonser sebagai penyelenggara.
– Tahap kelima, pemenang utama akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi salah satu guest star pada Jogjarockarta 2022 atau Prambanan Jazz 2022 (sesuai dengan genre) dan bersama dengan 3 pemenang lainnya akan tampil pada panggung yang sama dengan musisi nasional pada iKonser Fest 2022 yang rencana nya akan diadakan pada Sabtu, 26 Maret 2022 secara offline dan akan disiarkan langsung di iKonser Channel, applikasi iKonser, dan juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Baca juga:  Belajar Asyik Proses Pencernaan Hewan dengan Google Sites

Musik Tanpa Batas; Rekam Skena di Jateng dan DIY
Selain itu pada kesempatan ini diadakan juga “Rekam Skena” yaitu program untuk para scenester yang memiliki minat untuk belajar membuat dokumenter musik di kotanya sendiri. Diharapkan “Rekam Skena” dapat menjadi sarana para pengiat musik yang memiliki minat pada pendokumentasian musik, yang nantinya juga dapat turut berkontribusi pada aktivasi pengarsipan pergerakan musik Indonesia yang masih minim. Dokumenter “Rekam Skena” akan berdurasi 15 – 20 menit.
– Tahap pertama, via submit email ke registrasiikonser@gmail.com dengan mengumpulkan data administrasi, 1 ide dan konsep dalam format teks (PDF).
– Tahap kedua, semua peserta yang lolos seleksi administrasi akan mempresentasikan ide dan konsepnya yang akan diseleksi oleh juri.
– Tahap ketiga, pendampingan proses produksi oleh tim fasilitator sampai ada hasil video teaser yang akan diunggah di kanal YouTube iKonser.
– Tahap keempat, peserta akan diberikan sesi screening dan diskusi offline bersama para juri dan fasilitator.
– Tahap kelima, diambil 3 pemenang yang berhak untuk menerima hadiah penghargaan dan karya akan ditayangkan online pada program iKonser dan offline saat pelaksanaan iKonser Fest. (ida)

Baca juga:  Leap-Telkom Digital Luncurkan Program Beasiswa Pijar Camp

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya