alexametrics

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ingatkah Nama Organisasi Pemuda Sebelum Kemerdekaan?

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Setiap tanggal 28 Oktober seluruh masyarakat Indonesia tak lupa selalu memperingati hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini sudah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sejak 28 Oktober 1959.

Dilakukannya sumpah pemuda sendiri agar dapat menyuarakan cita-cita seluruh rakyat Indonesia mengenai “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia” dan “bahasa Indonesia”. Pada era Sumpah Pemuda ini terdapat beberapa organisasi kepemudaan yang ada.

Beberapa organisasi dibawah ini lah yang mendorong lahirnya sumpah pemuda. Organisasi yang ada antara lain :

1. Tri Koro Dharmo (Jong Java)
Organisasi Tri Koro Dharmo lahir setelah adanya organisasi Boedi Oetomo sebelumnya. Tri Koro Dharmo lahir pada tahun 1915, yang mana organisasi ini dibuat oleh R Satiman Wiryosanjoyo bersama rekan-rekannya yang lain. Organisasi ini dibuat oleh Satiman di Gedung STOVIA Jakarta. Pada organisasi ini yang merupakan anggotanya adalah para pemuda dari jawa.

Tri Koro Dharmo mempunyai 3 visi utama, yaitu :
a. Sakti yang memiliki makna kekuasaan serta kecerdasan
b. Budi yang memiliki makna bijaksana
c. Bhakti yang memiliki makna kasih sayang
Tiga tahun setelah nama Trikoro Dharmo dibuat, kemudian diganti dengan nama Jong Java. Pergantian nama tersebut dibuat pada 12 Juni 1918.

2. Jong Sumatranen Bond
Jong Sumatranen Bond juga merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang beranggotakan para pemuda yang berasal dari Sumatera. Organisasi ini dibuat pada tahun 1917 di Kota Jakarta. Organisasi Jong Sumatranen Bond ini telah melahirkan beberapa tokoh hebat seperti halnya Moh. Hatta, Moh. Yamin serta Bahder Johan.

3. Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Celebes
Ketiga organisasi ini juga termasuk pada organisasi yang ada untuk mendorong lahirnya sumpah pemuda. Jong Ambon sendiri lahir pada tahun 1918, sama seperti Jong Java. Kemudian Jong Minahasa dan Jong Celebes dilahirkan pada sekitar tahun 1917-1918. Terdapat tokoh hebat dari organisasi Jong Minahasa yaitu Sam Ratulangi.

4. Organisasi Pemuda Lainnya
Organisasi pemuda lainnya yang ada yakni Sekar Rukun. Organisasi ini dibuat pada tahun 1919. Kemudian organisasi lain yang ada yaitu Jong Betawi. Organisasi ini dibuat pada tahun 1927. Selain itu terdapat juga organisasi pemuda yang bernama Jong Bataks Bond. Organisasi ini dibuat pada tahun 1925. (*/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya