alexametrics

Hari Santri Nasional Tahun 2021: Logo dan Filosofinya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID –  Setiap tanggal 22 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Santri Nasional atau disingkat HSN. Melalui Perpres Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional ditetapkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Setiap tahunnya tema dan logo peringatan Hari Santri Nasional selalu berbeda, serta penuh dengan makna dan doa.

Pada tahun 2021 tema peringatan Hari Santri Nasional yaitu “Santri Siaga Jiwa dan Raga”. Tema tersebut merupakan sebuah komitmen dimana santri Indonesia untuk menjaga agama dan bangsa. Membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan menciptakan perdamaian dunia.

Siaga jiwa raga juga merupakan komitmen yang lahir dari sifat rendah hati, santun, dan pengalaman yang akan tetap ada seumur hidup karena ditempa dengan baik di pesantren.

Baca juga:  Pasha Ungu Tampil Maksimal di Panggung Sederhana

Tema dan Logo Hari Santri Nasional Tahun 2021 mulai dibagikan oleh Kementerian Agama pada hari selasa tanggal 21 September 2021 melalui website resminya.

1. Bentuk pertama yaitu melambangkan salat yang memiliki makna berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
2. Bentuk kedua yaitu melambangkan Sujud yang memiliki makna sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.
3. Bentuk ketiga yaitu melambangkan Kebersamaan yang memiliki makna selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.
4. Bentuk keempat yaitu melambangkan Semangat yang memiliki makna dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.
5. Bentuk kelima yaitu melambangkan Berbagi yang memiliki makna berbagi untuk sesama, dana berbagi untuk Indonesia.

Baca juga:  The Saint Tundukkan Amartha Hangtuah lewat Drama Tiga Overtime

Logo Hari Santri Nasional Tahun 2021 memiliki warna yang ceria menggambarkan semangat para santri Indonesia yang berkobar untuk mengabdi kepada negeri. Saling bekerja sama untuk menjaga agama dan negaranya. Tidak membiarkan adanya pengaruh buruk yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Setiap bentuk lengkungan dari logonya memiliki filosofi yang mendalam. Mulai dari sholat, sujud, kebersamaan, semangat dan berbagi. Tidak hanya belajar agama, namun santri Indonesia gigih untuk membantu sesama. Semangat para santri untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah.

Dedikasi penuh diberikan oleh santri Indonesia dan tidak pernah hilang walaupun banyak masalah yang akan dihadapi. Ke-siagaan yang dimiliki oleh santri merupakan buah dari doa dan semangat yang diwariskan oleh para kyai dan ulama-ulama besar yang dulu berjihad mempertahankan agama dan bangsa.

Baca juga:  Temukan Samurai dan Buku Jihad

Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2021, semoga dedikasi santri Indonesia memberikan semangat baru untuk perjuangan bangsa Indonesia. (*/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya