alexametrics

Wali Siswa Tanam Pohon Bareng dalam Perayaan HUT SMPN 42 Kota Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang–Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6, SMP Negeri 42 Semarang menggelar gerakan menanam pohon. Kegiatan ini melibatkan siswa dan orang tuanya. Secara seremonial hanya 20 pohon yang ditanam di tepi Jalan Pekuncen, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, tepatnya di belakang sekolah.

“Dalam kegiatan ini hanya ada 18 wali siswa yang tergabung dalam paguyuban yang mewakili kelas. Juga melibatkan dua RT dan RW sekitar sekolah,” kata Kepala SMP Negeri 42 Semarang M Hadi Utomo Jumat (8/10/2021).

Penanaman pohon hanya dibatasi beberapa orang, karena dilaksanakan di masa pandemi. Namun siswa juga tetap melaksanakan penanaman pohon di rumah masing-masing yang waktunya secara berkala. “Ini termasuk implementasi dari program SUSU (Sak Uwong Sak Uwit) yang sudah dikampanyekan sekolah sejak lama,” tuturnya.

Baca juga:  Minim Event, Perkembangan Parkour Semarang Kembang Kempis

Menurut Hadi, penanaman pohon dalam rangkaian peringatan HUT sekolah juga sebagai komitmen SMP Negeri 42 Semarang sebagai Sekolah Adiwiyata yang harus selalu menerapkan perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup. “Maka kami selalu mengintegrasikan setiap aspek dalam perilaku ramah lingkungan hidup, termasuk dengan hal ini,” jelasnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam, antara lain Glodog Pecut dan Asem Jawa yang diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang. Dua jenis tanaman ini dipilih selain sebagai pelestari tanaman lokal Jawa Tengah, juga sebagai tanaman hias di tepi jalan. “Asem jawa kan termasuk tanaman lokal Semarang,” ungkapnya.

Dengan adanya penanaman pohon dengan menggandeng dinas dan warga ini diharapkan sinergitas antara sekolah, dinas, dan warga akan berjalan dengan baik. “Yang terpenting sinegitas antara sekolah dan orang tua semoga akan semakin kuat dan bertumbuh menyongsong peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik,” katanya. (cr5/aro/ida)

Baca juga:  Plong, Ini Besaran Kenaikan Honor jadi Ketua RT

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya