alexametrics

Parenting yang Tepat, Kunci Cegah Stunting

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan–Pola asuh dan mendidik anak atau biasa dikenal dengan parenting, sejak dini, merupakan kunci mencegah stunting. Sebab anak bisa stunting, disebabkan oleh kurangnya pengasuhan orang tua. Selain itu faktor lingkungan, mulai dari penggunaan air yang tidak bersih, terbatasnya akses terhadap, kesehatan pangan dan faktor kemiskinan.
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan Nur Agustina mengungkapkan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan bersama kelurahan dan ahli gizi rajin memberikan edukasi tentang parenting. “Harapan kami supaya orangtua mengetahui caranya memberikan stimulasi dan senantiasa mendampingi anak,” ujarnya Jumat (8/10/2021).
Sebab, jika stunting pada anak tidak segera terselesaikan, maka akan berpengaruh pada banyak aspek anak ke depannya seperti aspek kognitif, sosial, motorik, psikologis, dan sebagainya. Jika tidak teratasi sebelum usia 5 tahun maka kemungkinan untuk diperbaiki akan sangat sulit.
Padahal pada 2045, Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana anak-anak saat ini akan menjadi penerus bangsa. Kalau tidak disiapkan sejak dini, maka negara akan mengalami generasi yang hilang. “Stunting saat ini menjadi masalah utama secara nasional,” tegasnya.
Untuk itu, orang tua harus belajar parenting yang baik, tanggap dengan anak. Seperti peduli jika anaknya mengalami susah makan, harus segera bertindak. Disamping itu, keluarga harus memiliki sanitasi dan akses air bersih. Paham akses kesehatan, termasuk membiasakan hidup bersih dan tidak buang air besar sembarangan. (han/ton)

Baca juga:  Asah Kreativitas Siswa, U-MaC Tetap Digelar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya