alexametrics

Bupati Dico Minta DPMPTSP Mudahkan Sistem Perizinan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal—Percepatan pembangunan harus didukung dengan kemudahan perizinan. Bukan mempercepat dengan melanggar aturan yang ada, melainkan membuat peraturan dan sistem yang memudahkan.

Hal itu ditegaskan Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto sekaligus menindaklanjuti nomenklatur Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Perizinan Bangun Gedung (PBG). Perubahan itu berdasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Menurut Dico, perubahan tersebut harus disikapi dengan transformasi perizinan ke arah yang lebih baik dan terintegrasi sistem pelayanan perizinan. “Sehingga memangkas waktu pemeriksaan berkas perizinan,” kata Dico saat menggelar rapat dengan sejumlah OPD (organisasi perangkat daerah) kemarin (8/10).
Rapat dihadiri DPMPTSP, Bakeuda, DPUPR, DKP, DKK, dan Disperkim.

Baca juga:  Bupati Dico Raih Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

Bangunan yang belum memiliki IMB, pengelola wajib mengurus PBF. Sedangkan yang sudah memiliki IMB, tetap berlaku sampai izin habis.

“Saat ini kabupaten/kota diamanahkan untuk segera membuat perda mengenai pelaksanaan PBG. Kami diberikan jangka waktu paling lambat enam bulan sejak Peraturan Pemerintah tersebut berlaku,” tuturnya.

Peraturan ini nantinya didukung dan dioperasionalkan melalui Sistem Informasi Bangun Gedung (SIM BG) . Di mana semua terintegrasi secara online melalui Online Single Submission (OSS).

Perda dibutuhkan untuk mengakomodasi peraturan mengenai PBG. Salah satunya menyangkut retribusi IMB yang telah diatur dalam Keputusan Bupati Nomor 974/293/2021. Yakni tentang Pemberian Insentif Kepada Instansi Pelaksana Pemungutan Retribusi Pelayanan Izin Mendirikan dan Merobohkan Bangunan, Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing, dan Izin Trayek pada DPMPTSP Kendal. (bud/zal)

Baca juga:  Bupati Dico Pastikan Seleksi Kepala OPD di Kendal Tak Ada Transaksional

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya