alexametrics

Penyelundup Satwa ‘Tarung’ dengan Petugas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Petugas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengamankan empat orang diduga penyelundup satwa Rabu (6/10/2021). Sebelum berhasil diamankan, sempat terjadi perkelahian sengit dengan para pelaku.

Insiden ini terjadi ketika sejumlah petugas memeriksa barang bawaan penumpang yang turun dari kapal hendak menuju lokasi terminal penumpang. Setelah puluhan penumpang melewati pemeriksaan, namun ada empat orang tak dikenal yang tidak mau diperiksa barang bawaannya.

“Awalnya, empat orang ini gerak-geriknya sudah mencurigakan. Tiga orang membawa tas ransel, satunya membawa kardus. Belum tahu apa isinya. Tapi mereka menolak dilakukan pemeriksaan,” kata seorang petugas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Rabu (6/10/2021).

Sesaat terjadi perdebatan mulut. Salah satu dari empat orang ini memancing keributan dengan menendang pagar besi pembatas. Sontak, tiga orang rekannya ikut menendang pembatas lainnya hingga terjadilah keributan. Dua pelaku berhasil kabur, dua orang lainnya tarung satu lawan satu dengan petugas. Tanpa waktu lama, empat pelaku berhasil diringkus ditempat terpisah. Kemudian dibawa ke ruang pemeriksaan.

Baca juga:  Pembelajaran Masa Pandemi dengan Aplikasi Digital

Diketahui, insiden tersebut hanyalah simulasi program Join Exercise ISPS Code tahun 2021 Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Kepala KSOP Pelabuhan Tanjung Mas Semarang M Tohir mengatakan program ini dilaksanakan rutin minimal satu kali dalam 18 bulan. “Tujuan kegiatan ini untuk memastikan tim fasilitas di pelabuhan selalu dalam kondisi siap ketika menghadapi ancaman gangguan yang terjadi sewaktu-waktu,” tegasnya. (mha/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya