alexametrics

Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Oleh : Hayuning Tri Budhi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tujuan belajar Matematika di sekolah adalah mempersiapkan peserta didik agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari ilmu pengetahuan yang lain. Namun demikian matematika merupakan pelajaran yang kurang begitu diminati oleh peserta didik. Karena belajar matematika begitu banyak aturan dan kesepakatan-kesepakatan yang harus diikuti. Karakteristik pelajaran matematika memang unik, karena objek yang dipelajarinya abstrak dan menggunakan bahasa simbol. Apalagi di masa pandemi ini, peserta didik tidak bisa belajar secara langsung dengan guru yang dapat menimbulkan lebih banyak ketidakpahaman peserta didik terhadap materi matematika yang dipelajari.

Salah satu cara yang kami gunakan dalam pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 1 Wonotunggal adalah pembelajaran berbasis video. Manfaat Pembelajaran Berbasis Video telah memikat dunia pendidikan sejak penciptaannya. Karena otak manusia terhubung untuk melacak gerakan dan tertarik pada gerakan, video dapat membuat sesuatu menjadi lebih menarik daripada sekadar teks. Salah satu contoh, sebuah animasi dapat menjelaskan sebuah konsep, betapapun sulitnya konsep itu akan membuat anak-anak dan orang dewasa duduk diam untuk menonton.

Baca juga:  G20 EMPOWER Presidensi Indonesia Fokus Dorong Pemberdayaan Perempuan pada Sektor Swasta dan Publik

Pembelajaran berbasis video memfasilitasi dalam memproses informasi lebih cepat, mempertahankan pengetahuan dan mengingatnya dengan akurat. Sekitar 90% dari informasi yang diterima peserta didik dari dunia luar untuk bertahan dan berkembang dalam bentuk visual. Karena pada dasarnya manusia memiliki kemampuan untuk memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks biasa. Pembelajaran berbasis video sering terbukti lebih efektif daripada pembelajaran di kelas tradisional.

Metode penulisan kuno di papan tulis, mencoba membuat korelasi dengan menggambar garis dengan dua dimensi akan membosankan bagi para peserta didik. Dengan menggunakan video, ada banyak cara kreatif pengetahuan dapat disajikan sehingga peserta didik dapat benar-benar memahami pelajaran. Pembelajaran berbasis video meliputi: animasi, live action, video tutorial singkat, dokumenter, vlog, dan lain lain. Jenis-jenis video tersebut tidak hanya menarik tetapi juga dapat digunakan untuk menjelaskan konsep lebih baik dari teks. Gerakan dan pengisi suara yang termasuk dalam video membantu meringkas konten pelatihan dalam waktu kurang dari satu menit, mempersingkatnya menjadi materi berukuran kecil tetapi mudah diingat (Binus, 2019).

Baca juga:  Pemudik Arus Balik Wajib Waspada Aktivitas Pabrik di Jalan Raya Mangkang

Apalagi dalam pembelajaran matematika, pembelajaran berbasis video ini sangat membantu sekali karena kami membuat video pembelajaran dimana materi-materi tersebut dijelaskan selangkah demi selangkah agar peserta didik lebih paham walaupun tidak bisa bertatap muka langsung dengan guru. Dalam video tersebut juga bisa disisipkan video motivasi, konten-konten yang menarik sehingga peserta didik tidak jenuh dan antusias dalam belajar. Selain materi, kami juga membuat latihan soal untuk dikerjakan peserta didik sehingga kami bisa tahu sejauh mana materi tersebut dipahami oleh peserta didik.

Jadi peran pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran matematika di masa pandemi ini sangat membantu peserta didik untuk memahami konsep abstrak menjadi jelas secara visual. Kreativitas guru juga sangat diperlukan untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, tentu saja dengan menggunakan metode yang tepat. (pai2/ton)

Baca juga:  Kembangkan Konsep Smart Edutourism di Agro Edu Wisata Plalangan

Guru Matematika SMA N 1 Wonotunggal, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya