alexametrics

Cyber Counseling Membantu Mengatasi Masalah Individu

Oleh: Triana Harimukti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid 19 di seluruh penjuru dunia menjadi perhatian yang sangat serius. Penanganan pencegahan meluasnya virus covid 19 kini menjadi prioritas utama di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan dalam upaya memutus rantai penyebaran virus covid 19 ini.

Kebijakan pemerintah antara lain dengan melarang kegiatan yang mengundang kerumunan, keramaian, mengurangi interaksi secara langsung dengan social distancing (menjaga jarak), tidak terkecuali pada kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif jika dilakukan dengan tatap muka (face to face), saat ini dilakukan secara Daring (dalam jaringan) atau dengan istilah lain BDR (Belajar Di Rumah).

Dengan BDR maka kegiatan konselingpun tidak dapat dilakukan secara langsung/tatap muka(face to face).Padahal akan lebih efektif jika konseling dilakukan secara face to face. Sementara siswa tetap memerlukan bantuan dalam mengatasi permasalahannya apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Dimana siswa harus menerima perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat yang tidak setiap siswa bisa dengan mudahnya menyesuaikan diri dengan keadaan. Kondisi seperti ini juga terjadi pada siswa SMP N 5 Sragi, mereka mengalami kebosanan tingkat tinggi ketika harus BDR karena tidak bisa keluar rumah, banyaknya tugas yang harus diselesaikan sementara tidak bisa bertanya secara langsung kepada guru yang bersangkutan ketika tidak memahami materi, sinyal lemot, hp rusak dan lain sebagainya yang membuat siswa memerlukan layanan konseling dengan segera. Untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan tersebut, maka guru BK memanfaatkan Cyber Counseling atau Konseling online agar tetap bisa memberikan layanan konseling kepada siswa.

Baca juga:  Giliran Mitra Jogja, Solo, dan Semarang Mendukung Nadiem

Dalam bukunya, Surya (2006 : 97) mengatakan bahwa “sejalan dengan perkembangan teknologi computer, interaksi antara konselor dengan konseli tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka. Tetapi dapat juga dilakukan melalui hubungan secara virtual (maya) melalui internet, dalam bentuk cyber counseling.”

Proses konseling dapat diselenggarakan dengan berbagai media yang memungkinkan hubungan konseling jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet, seperti jejaring sosial dalam bentuk akun facebook, twitter, line, bbm, myspace, email, google talk, IG, WA dan masih banyak jenis aplikasi yang lain, di samping itu konseling juga bisa dilakukakan dengan menggunakan bantuan media telephone, handphone, dan media khusus teleconference. Pelayanan ini dilakukan oleh konselor untuk memberikan kenyamanan bantuan yang dibutuhkan konseli ketika menghadapi suatu masalah dan tidak mungkin dilakukan secara face to face5.

Baca juga:  Nahjah Failusufa Wakili Jateng Lomba STQ Nasional

Proses virtual konseling atau cyber konseling sedikit berbeda dengan konseling face to face, cyber counseling memerlukan keterampilan pendukung lain selain keterampilan dasar konseling, yaitu keterampilan menggunakan media pendukung internet, dan prosesnya tidak dibatasi oleh jarak dan waktu, syaratnya konselor dan konseli dapat terhubung melalui internet. Tahapan yang dilakukkan ada lima tahapan yaitu tahap pengantaran, penjajakan, penafsiran, pembinaan dan penilaian.

Keberhasilan proses konseling melalui cyber counseling adalah tercapainya kondisi yang lebih baik, sehingga konseling mendapatkan pemahaman baru tentang cara pandang dalam menghadapi masalah dan ada perubahan dalam memandang sesuatu yang selama ini berat, bisa jadi ringan, sesuatu yang selama ini tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Baca juga:  Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah

Dengan keberhasilan proses konseling melalui cyber counseling yang diberikan kepada sisiwa SMP N 5 Sragi pada akhirnya dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga siswa dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di masa pandemi covid 19 ini. (ti1/bas)

Guru SMP Negeri 5 Sragi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya