alexametrics

Bangun Patung Sang Proklamator 14 Meter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kawasan Kota Lama akan semakin cantik dengan hadirnya patung Ir Soekarno di titik Polder Tawang. Kemarin (27/12) pembangunan patung sang proklamator oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah dimulai.

Rencananya patung tersebut dibangun setiinggi 14 meter. Dibangun di tengah kolam polder. Depan Stasiun Tawang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukomoro mengatakan, pendirian patung presiden pertama RI ini, diharapkan bisa mempercantik Kota Lama. “Harapannya akan semakin meneguhkan Kota Lama sebagai destinasi wisata andalan,” katanya di sela penandatangan MoU bersama Pemerintah Kota Semarang Jumat (27/12).

MoU sebagai komitmen awal dan landasan PT KAI dan Pemkot Semarang untuk bersinergi dalam melakukan penataan Stasiun Semarang Tawang yang menjadi bagian dari Kawasan Kota Lama. Termasuk Stasiun Semarang Poncol. Ruang lingkup kesepakatan ini dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan.

Baca juga:  Nasib Taman Baca di Era Digital

“Anak milenial zaman sekarang sangat hobi traveling, salam satunya di Kota Lama yang menjadi spot foto favorit wisatawan asing maupun lokal. Karena Kota Lama Semarang mirip sekali dengan Belanda,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang turut dalam groundbreaking menyatakan, pendirian patung itu seiring dengan revitalisasi Kota Lama. Rencananya, Januari 2020 proyek revitalisasi tahap kedua akan segera dilakukan. “Stasiun Tawang bisa menyatu dengan Kawasan Kota Lama. Januari nanti akan ada revitaliasi tahap kedua yang dimulai dari Jalan Mpu Tantular ke Jalan Merak. Adanya patung Soekarno ini tentu akan menjadi daya tarik,” tambahnya.

Selain patung, di area Stasiun Tawang juga akan dibangun masjid di area stasiun. Penataan parkir dan gapura gate in–gate out. Pemkot Semarang juga akan membangun halte BRT di area stasiun, serta pemanfaatan polder untuk pengendali banjir. (den/zal)

Baca juga:  Eka Sri Wahyuni, Totalitas Masyarakatkan Senam di Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya