2970 Peserta Meriahkan Salatiga Christmas Parade

539

SALATIGA, RadarSemarang.ID – Salatiga Christmas Parade yang diadakan pada Sabtu (14/12/2019) siang membuka rangkaian Natal Kota Salatiga 2019 yang diadakan oleh Badan Kerjasama Gereja-gereja Salatiga (BKGS). Rombongan Christmas Parade tahun ini dilepas oleh Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Semuel Rupidara Ph.D di pintu keluar kampus UKSW Jalan diponegoro.
Rektor UKSW melepas rombongan parade natal ini dengan mengibarkan bendera didampingi Ketua BKGS Drs. Purwanto dan ketua panitia natal kota Salatiga tahun 2019 Pdm. Andreas Sese Sunarko.
Dalam sambutannya, Rektor UKSW mengajak semua peserta christmas parade untuk berbagi suka cita natal kepada seluruh masyarakat Salatiga. “Natal adalah peristiwa suka cita, kelahiran Tuhan kita yang sangat mengasihi umat manusia. Karena itu mari kita tunjukkan juga pesan suka cita natal untuk masyarakat Salatiga. Jangan lupa senyum, kita berikan suka cita natal untuk semua,” kata Rektor UKSW.
Pdm. Andreas Sese Sunarko ketua panitia Natal Salatiga tahun ini mengatakan bahwa christmas parade tahun ini adalah kali ketujuh diadakan. Ada 43 kontingen yang mengikuti christmas parade tahun ini dengan total peserta ada 2.970 peserta.
“Dilihat dari jumlah, peserta parade tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memperkuat dan mendukung pemerintah kota Salatiga sebagai kota toleran,” ujarnya.
Christmas Parade tahun ini melewati rute kampus UKSW – Jalan Diponegoro – Rumah Dinas Walikta – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Sukowati dan berakhir di halaman gedung DPRD kota Salatiga. Rombongan christmas parade disambut Walikota Salatiga Yuliyanto dipanggung kehormatan di dekat rumah dinas. Masyarakat Salatiga juga terlihat antusias menikmati parade natal tahun ini.
Sesuai dengan tema yang diangkat, “Merajut Kebhinekaan, Menuju Tunggal Ika”, keberagaman budaya Indonesia nampak dari barisan yang mengisi parade tahun ini. Barisan yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, barisan drumblek, kostum aneka rupa, sampai kesenian barongsai ikut memeriahkan parade natal tahun ini.

Tak ketinggalan ada juga santaclaus yang menjadi ikon natal ikut meramaikan barisan. Tak hanya ikut berbaris saja, santa juga berbagi wafer coklat untuk anak-anak disepanjang rute yang dilalui. Tak hanya sekedar wafer coklat, santa juga memberi pesan natal berupa ayat alkitab untuk anak-anak. Dalam pesan natalnya, Santa mengajak anak-anak untuk selalu memiliki hati yang gembira, mengajak anak-anak untuk tidak jemu berbuat baik serta senantiasa bersyukur. Peserta Christmas Parade tahun ini tidak hanya gereja-gereja yang tergabung dalam BKGS tetapi juga sekolah-sekolah Kristen dan Katolik, PPA dan komunitas lainnya.
Natal Kota Salatiga 2019 akan dilanjutkan dengan kegiatan Ibadah Natal Kota Salatiga pada tanggal 25 Desember mulai pukul 04.00 di Lapangan Yonif 411 Pandawa dengan pembawa firman Pdt. Gideon Rusli, M.Th serta Natal Sesepuh BKG pada 9 Januari 2020 di GKRSA Salatiga.(sas)