alexametrics

Ratusan Pohon Langka Ditanam di Rest Area Tol Salatiga

Artikel Lain

SALATIGA, RadarSemarang.ID- sedikitnya 200 bibit tanaman langka ditanam di rest area 456 tol ruas Bawen Salatiga. Penanaman pohon buah langka merupakan program konservasi keanekaragaman buah langka nusantara (Pranaraksa) yang telah dilakukan sejak tahun 2014.

Rest area 456 merupakan satu dari puluhan rest area yang dikelola oleh Astra grup. Presiden Direktur Astra Property dan Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan kegiatan ini merupakan upaya mendukung konservasi lingkungan khususnya pada area peristirahatan jalan tol.

“Program itu juga hasil kerjasama dengan LIPI. Selain di rest area KM 456 tol Semarang-Solo penanaman juga dilakukan di res area tol astra pada ruas Tangerang-Merak, Jombang-Mojokerto, dan Cikopo-Palimanan,” terangnya di res area KM 456 Tol Salatiga, Kamis (12/12/2019)

Baca juga:  Penyandang Disabilitas Intelektual Kota Magelang Menerima Bantuan dari BBRSPDI Kartini Temanggung

Menurut Djap Tet, bibit tanaman buah langka yang ditanam adalah buah alkesa, bisbul, gandaria, gowok, mundu, dan sirsak rowo. 200 bibit ditanaman di beberapa titik rest area yang memiliki total lahan seluas 712,5 meter persegi. Seluruhnya merupakan jenis tanaman buah asli Jawa Tengah.

Rest area ini akan berbeda dengan tempat lain karena akan ada jalan berhubungan antara rest area sisi kanan dan kiri tol. Meski masih dalam pengerjaan, namun dalam peringatan Natal dan tahun baru nanti akan dibuka secara fungsional. “Dibuka dan ada fasilitas standar seperti SPBU sementara, kamar mandi dan beberapa stand kuliner warga setempat,” imbuh Djap Tet.(sas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya