Beranda Berita Hari Ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Launching Kampung Hebat 2019 Bersama Jawa Pos Radar Semarang

Hari Ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Launching Kampung Hebat 2019 Bersama Jawa Pos Radar Semarang

0
Hari Ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Launching Kampung Hebat 2019 Bersama Jawa Pos Radar Semarang
MERIAH : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama ribuan warga Kelurahan Pedurungan dalam gelaran Lomba Kampung Hebat putaran kedua tahun 2018 lalu.

SEMARANG, RADAR SEMARANG.ID–Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara resmi melakukan launching Event Lomba Kampung Hebat 2019-2020, di Taman Talenta Kecamatan Ngaliyan, Minggu ini (17/11/2019). Gelaran akbar tahunan atas kerjasama Pemerintah Kota Semarang dan Jawa Pos Radar Semarang ini memasuki putaran tahun ketiga.
Launching Lomba Kampung Hebat ini akan dihadiri oleh 2.500 warga. Mulai dari perwakilan 10 kelurahan di wilayah Kecamatan Ngaliyan, komunitas lansia, maupuan komunitas lainnya. Kegiatan launching ini, akan diisi dengan senam bersama, jalan sehat, bursa UMKM, panggung hiburan hingga pengundian doorprize.
Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin, dan jajaran OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.
“Kami menyiapkan 2.500 peserta. Setiap kelurahan, saya minta mengirimkan 200 perwakilan warga untuk datang meramaikan acara launching hari ini,” kata Camat Ngaliyan Agus Priharwanto, di sela persiapan launching, Sabtu (16/11/2019) petang kemarin.
Dalam acara ini, lanjut Agus, tiap kelurahan mengirimkan perwakilan UMKM untuk memamerkan produk-produk unggulannya. Selain itu, Kelurahan Podorejo juga akan menampilkan kesenian kuda lumping. Setiap kelurahan akan mengirimkan produk UMKM seperti Kampung Snack dari Kalipancur dan masakan khas lainnya. “Ada beragam produk unggulan UMKM yang akan dipamerkan,” tuturnya.
Ia menejalaskan, program Lomba Kampung Hebat yang telah memasuki tahun ketiga ini adalah bagian dari upaya Pemkot Semarang dan Jawa Pos Radar Semarang dalam memfasilitasi warganya untuk mengembangkan potensi mulai dari lingkup terkecil.
“Event ini tepat untuk mengembangkan potensi di masing-masing kelurahan. Sekaligus untuk menggali potensi yang ada. Kemudian, meningkatkan kebersamaan melalui silaturahmi serta menjaga kebersihan lingkungan, keamanan dan lainnya,” paparnya.

PERSIAPAN : Camat Ngaliyan Agus Priharwanto bersama Sekcam Puput Widhiatmoko dan panitia dari Jawa Pos Radar Semarang di sela persiapan launching Lomba Kampung Hebat, Sabtu (16/11/2019).
Melihat penyelanggaraan tahun lalu, beberapa kelurahan yang ada di wilayahnya berhasil menjadi juara. Adalah Purwoyoso yang menyabet juara I kategori Kampung Hijau dan Bersih. Kemudian Kelurahan Gondoriyo meraih juara I Kategori Kampung Kreatif dan Inovatif. Karena itu, pihaknya optimistis kelurahan yang ada di wilayahnya akan terus berinovasi dan kembali mendapatkan juara. “Saya harapkan bisa menjadi best of the best. Kami akan terus berinovasi guna membangun wilayah dari lingkup terkecil,” tegasnya.
Di sela jalan sehat, rencananya akan dikukuhkan kepengurusan Tonnis Girly yang ada di wilayah RW III Kelurahan Ngaliyan. Olahraga ini sendiri, adalah gabungan olahraga antara badminton dan tennis, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi, diajak untuk mencoba olahraga tersebut. “Kami mengajak Pak Wali Kota Semarang untuk mencoba olahraga baru ini. Harapan kami, beliau berkenan setelah mengukukuhkan kepengurusan,” tambah Koordinator Tonnis Girly, Putu Adi.
Lurah Ngaliyan, Nur Kholis menjelaskan bahwa warga di rute yang akan dilewati jalan sehat juga tak kalah antusias. Mereka sudah menunggu-nunggu bisa bertemu langsung dengan jajaran pimpinan Kota Semarang. “Warga berharap Pak Wali berkenan meresmikan kelompok Tonnis Girly,” tuturnya.
Ketua Panitia Lomba Kampung Hebat 2019-2020, Sugiyanto Wiyono menjelaskan bahwa Lomba Kampung Hebat adalah sebuah kompetisi antarkampung yang diwakili lingkup RW (Rukun Warga) yang ditunjuk oleh masing-masing kelurahan di Kota Semarang. Ada empat kategori yang dilombakan. Yaitu Kampung Pintar, Kampung Kreatif dan Inovatif, Kampung Pancasila dan Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. “Kelurahan yang mendapatkan penghargaan terbanyak akan ditetapkan sebagai juara umum dengan gelar Best Awarding Kampung Terhebat,” jelasnya.
Tercatat ada 259 kampung dari 177 kelurahan yang mendaftar dalam kegiatan bertajuk Bergerak Bersama untuk Semarang Hebat ini. Acara ini didukung oleh BNI, Bank Jateng, Dewangga Lil Hajj Wal Umroh, Sidomuncul, CARfix, JNE, RS Columbia Asia, Global Elektronik, Alfamart, Telkom, Sirup Kartika dan Coca Cola. Beragam doorprize menarik disediakan panitia untuk peserta jalan sehat. Di antaranya lemari es, sepeda, televisi, handphone, dispenser, kipas angin, voucher belanja dan masih banyak yang lainnya. (den/ida)